Soto Marjuki, Kuliner Pagi Jogja dengan Daging Sapi Porsi Ekstra

EKSTRA - Soto Marzuki menyuguhkan soto sapi dengan porsi daging ekstra. (Foto: Arif Giyanto)
EKSTRA – Soto Marjuki menyuguhkan soto sapi dengan porsi daging ekstra. (Foto: Arif Giyanto)

Sewon, JOGJADAILY ** Anda penikmat soto? Makanan berkuah sedap itu dapat Anda temukan di berbagai sudut Jogja. Soto identik dengan sarapan, jadi tak aneh bila antrean panjang penikmat soto biasa terlihat pada pagi hari. Jenis dan brand-nya pun bermacam, tapi umumnya soto ayam dan soto sapi paling disuka pemburu kuliner.

Dari lusinan penjaja soto di Kota Gudeg ini, barangkali Anda belum tahu, ada soto sapi dengan sajian khas, berupa porsi daging ekstra. Sang Penjual Soto menamakan dagangannya, Soto Marjuki. Anda dapat menebak, pemberian nama tentu saja dinisbahkan pada pemiliknya.

Anda dapat mengunjungi Soto Marjuki di Jalan Parangtritis kilometer 4. Dari perempatan SPBU Jogokaryan, Anda tinggal menuju arah Jalur Lingkar (ring road) selatan, sekira 200 meter. Plakat soto yang sering kali ludes sebelum tengah hari itu tampak jelas di kanan jalan.

Kekhasan Soto Marjuki dengan porsi daging ekstra menjadi faktor pembeda kuat dibanding soto sapi lain. Porsi daging yang banyak bukan berarti mengabaikan kualitas rasa. Soto Marjuki juga menyuguhkan citarasa soto daging sapi yang gurih dan lezatnya berbeda.

Selain tekstur daging yang empuk, bumbu yang meresap, dan aroma daging yang tidak terlalu kentara, racikan kuah Soto Marjuki membangkitkan air liur pembeli yang pernah mencobanya. Kadar lemak pada kuah sotonya tak begitu terasa. Serasa dimanjakan dengan suguhan daging sapi kelas satu.

Seporsi Soto Marjuki yang mengundang selera. (Foto: Arif Giyanto)
Seporsi Soto Marjuki yang mengundang selera. (Foto: Arif Giyanto)

Satu porsi Soto Marjuki dipatok pada harga Rp10 ribu. Sedikit lebih mahal dari harga soto pada umumnya, karena berbahan dasar berkualitas. Soto dapat Anda nikmati bersanding minuman panas atau dingin, teh atau jeruk.

Tidak hanya pembeli yang menyantap soto di tempat, para penikmat Soto Marjuki juga biasa membungkus soto untuk dibawa pulang. Pada sebuah sudut warung, disediakan sambal, kecap, saos, irisan jeruk nipis. Para pembeli soto dibungkus, dapat mengambil pelengkap soto tersebut, sesuai selera masing-masing.

Pesanan Khusus

Bagi Anda yang tidak berkenan dengan penguat rasa pada soto, atau tak menyukai lemak sapi, atau pesanan khusus lain, Soto Marjuki dengan senang hati melayaninya. Atau bahkan bagi Anda yang lebih memilih minuman bikinan sendiri dari rumah, tidak ada larangan khusus di Soto Marjuki.

Soto Marjuki sungguh ramai dikunjungi pada pagi hari. Para pekerja kantoran, baik swasta maupun pemerintah, rombongan keluarga, dan ibu rumah tangga memenuhi lapak sederhana yang tidak begitu besar. Satu per satu pembeli dilayani, dan tak terasa, hanya beberapa jam kemudian, Soto Marjuki telah waktunya ditutup pertanda habis.

Jadi bagi Anda yang bertempat tinggal agak jauh dari lokasi, sebaiknya datang lebih pagi, untuk memastikan antrean belum berjubel. Selamat menikmati Soto Marjuki.