Tertib Administrasi Kependudukan, Dukcapil Gunungkidul Gandeng Tim Penggerak PKK

BERPERAN PENTING - Pertemuan rutin PKK Desa Semin, Kecamatan Semin, Gunungkidul. Tim Penggerak PKK sangat berperan penting bagi kemajuan daerah. (Foto: Ekasnote WordPress)
BERPERAN PENTING – Pertemuan rutin PKK Desa Semin, Kecamatan Semin, Gunungkidul. Tim Penggerak PKK sangat berperan penting bagi kemajuan daerah. (Foto: Ekasnote WordPress)

Wonosari, JOGJADAILY ** Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Gunungkidul bersama PKK Kabupaten Gunungkidul melakukan sosialisasi tertib administrasi kependudukan di 40 desa, 23 Februari 2015 hingga 16 April 2015.

Tim Penggerak PKK adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, dan penggerak pada masing-masing jenjang, demi terlaksananya program PKK.

Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 28 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dalam Membantu Meningkatkan dan Mewujudkan Tertib Administrasi Kependudukan disebutkan bahwa dalam rangka meningkatkan dan mewujudkan tertib administrasi kependudukan, perlu melibatkan Tim Penggerak PKK untuk mendorong kesadaran masyarakat melaporkan kejadian peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami penduduk.

Dirilis Pemkab Gunungkidul, derakan bersama tersebut diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan komitmen para penyelenggara kependudukan dan motivator masyarakat, dalam hal ini gerakan PKK, di semua jenjang untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan.

Materi sosialisasi yakni dengan mengisi, mencatat, serta menginformasikan hasil tiga buku yang ada di tingkat dasawisma (sepuluh rumah), meliputi catatan keluarga, catatan data dan kegiatan warga, catatan ibu hamil, melahirkan, nifas, meninggal, kelahiran bayi, bayi meninggal, dan kematian balita.

Penyuluhan juga memberi informasi tentang pentingnya pendaftaran penduduk, Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Akta Pengakuan Anak, dan Akta Pengesahan Anak.

Tim Penggerak PKK berharap, setiap keluarga dapat melaporkan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami serta mengurus dan memelihara dokumen kependudukan.

Penyuluhan Kesehatan

Manfaat dari terobosan program kerja Tim Penggerak PKK Gunungkidul dirasakan sangat besar oleh masyarakat. Program tersebut terlaksana, hasil kolaborasi antar-berbagai unsur, terutama pendampingan dari Tim Penggeak PKK tingkat kecamatan.

Dirilis Desa Baleharjo Kecamatan Wonosari, salah satu terobosan program Tim Penggerak PKK adalah peningkatan pengelolaan lahan pekarangan dan berbagai kegiatan penyuluhan.

“Di samping kegiatan pertemuan rutin tiap bulannya yang juga dihadiri perwakilan PKK masing-masing padukuhan diharapkan informasi ataupun hasil dari pertemuan tingkat desa bisa tersampaikan pada masyarakat melalui keterwakilan PKK padukuhan yang hadir,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Desa Baleharja, Tri Harsanti, Senin (17/3/2015).

Salah satunya, kegiatan penyuluhan kesehatan perawatan gigi dan mulut yang disampaikan perwakilan Tim Penggerak PKK Padukuhan Wukirsari, Siti Mulyani. Tingkat kehadiran tiap bulannya berkisar 25-40 ibu.

“Program yang tidak kalah penting, yakni penertiban administrasi dari tingkat dasawisma sampai tingkat desa. Harapan Pemerintah Desa, PKK bisa menjadi mitra desa dalam merealisasikan program dalam RPJM desa,” tutur Tri.