Bila Anak-anak TK Berlomba Menghias Nasi Kuning Pada Hari Jadi Sleman ke-99

MERIAH - Memperingati Hari Jadi Sleman ke-99 yang jatuh pada 15 Mei 2015, digelar Lomba Menghias Nasi Kuning untuk Tingkat TK di Rumah Dinas Bupati Sleman, Sabtu (2/5/2015). (Foto: Pemkab Sleman)
MERIAH – Memperingati Hari Jadi Sleman ke-99 yang jatuh pada 15 Mei 2015, digelar Lomba Menghias Nasi Kuning untuk Tingkat TK di Rumah Dinas Bupati Sleman, Sabtu (2/5/2015). (Foto: Pemkab Sleman)

Sleman, JOGJADAILY ** Memperingati Hari Jadi Sleman ke-99 yang jatuh pada 15 Mei 2015, digelar Lomba Menghias Nasi Kuning untuk Tingkat TK di Rumah Dinas Bupati Sleman, Sabtu (2/5/2015). Meski suasana hujan, lomba sangat meriah.

“Maksud diadakannya lomba adalah untuk meningkatkan kreativitas anak, sebagai wahana belajar dan bermain bagi anak TK se-Kabupaten Sleman,” ujar Ketua Penyelenggara Lomba, Endang Kusmawati, dirilis Pemkab Sleman.

Setiap peserta didampingi orangtuanya dan guru TK masing-masing. Pendamping maupun guru pada kesempatan tersebut hanya sebagai pengantar, karena tidak diperbolehkan mendampingi saat lomba berlangsung.

Lomba dibuka secara langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman, Kustini Sri Purnomo.

“Dengan lomba tersebut, diharapkan, anak TK, meskipun usinya masih sangat dini, agar mampu berkreasi. Di samping itu, agar memupuk rasa percaya diri yang tinggi pada anak-anak bila berbaur dengan yang lain,” tutur Kustini.

Menurutnya, dengan lomba tersebut, anak menjadi lebih kreatif. Lomba yang berlangsung di rumah dinas juga menunjukkan bahwa rumah dinas bukan milik bupati, tetapi milik semua warga, termasuk anak-anak TK saat mengikuti berbagai lomba.

Peserta lomba terdiri dari 100 wakil dari TK se-Kabupaten Sleman. Bertindak sebagai juri, Eny Harjito dari TP PKK Kabupaten Sleman, serta Natalia dan Sigit Siswantara dari PT Sari Agrotama Persada.

Para Juara

Setelah tim juri bekerja secara independen, juara I diraih Veluna Keysa Maulidia dari TK Kartika. Selanjutnya, jJuara II Ayena Winti Janitra dari TK ABA Sleman kota, Juara III Siraz Dwi Rosana dari TK Amongyoga Sleman, Juara Harapan I Zaskia Umaira Putri dari TK Sultan Agung Ngaglik, Juara Harapan II Nadia Salvia Salsabila dari TK Mekar Melati Mlati, Juara Harapan III Sevira Klausia Daryono dari TK Putra Jaya Mlati, dan Juara Favorit jatuh pada Rifnatul Zaenap dari TK Mekar Melati Mlati.

Juara I mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp300 ribu, Juara II Rp250 ribu, Juara III Rp200 ribu, Juara Harapan I Rp175 ribu, Juara Harapan II Rp150 ribu, Juara Harapan III Rp125 ribu, dan Juara Favorit Rp100 ribu.

Hadiah diserahkan oleh Kepala Bagian Umum yang juga Ketua Panitia Hari Jadi Kabupaten Sleman ke-99, Sukarno.