KPU Bantul Sosialisasikan Tata Tertib dan Aturan Pencalonan Pilkada 2015

PILKADA 2015 - Kantor KPU Bantul. Akhir tahun, Pilkada Bantul akan digelar. (Foto: KPU Bantul)
PILKADA 2015 – Kantor KPU Bantul. Akhir tahun, Pilkada Bantul akan digelar. (Foto: KPU Bantul)

Bantul, JOGJADAILY ** Selasa (26/5/2015), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul mengadakan sosialisasi tata tertib dan aturan pencalonan menjelang Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2015. Sosialisasi penting bagi partai politik (parpol) maupun masyarakat karena beberapa perubahan peraturan pencalonan sesuai PKPU Nomor 09 Tahun 2015.

“Dengan sosialisasi ini diharapkan parpol maupun masyarakat melalui ormas-ormas yang ada di Bantul dapat memahami secara utuh,” ujar Ketua KPU Bantul, Muhammad Johan Komara, di Media Center KPU Bantul, seperti dirilis Pemkab Bantul.

Ia mengatakan, mekanisme pencalonan menggunakan sistem aplikasi pencalonan untuk mempermudah pasangan calon yang akan mendaftar, baik dari jalur parpol maupun jalur perseorangan.

Komisioner KPU Bantul bidang teknis penyelenggaraan, Arif Widayanto, menjelaskan sistem aplikasi pencalonan juga untuk mempermudah pendeteksian dukungan ganda.

“Di samping itu, akan mempermudah pengelolaan informasi, khususnya tentang data pasangan calon yang tentunya akan dimanfaatkan sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat,” tutur Arif.

Persyaratan Pencalonan

Persyaratan pencalonan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul tahun 2015 untuk calon dari perseorangan jumlah minimal dan sebaran dukungan paling sedikit 7,5 persen dari jumlah penduduk Bantul (913.407), yaitu sejumlah 68.506 dukungan, tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Bantul, yakni minimal 9 Kecamatan.

Pasangan Calon Perseorangan menyerahkan surat pernyataan dukungan dan rekapitulasi jumlah dukungan dalam bentuk soft copy dan hard copy (1 rangkap asli, dan 2 rangkap salinan). Penyerahan Dokumen Dukungan Pasangan Calon Perseorangan dilaksanakan di KPU Kabupaten Bantul, Jalan Wachid Hasyim, Sumuran, Palbapang, Bantul, 11-15 Juni 2015 pada jam kerja, 08.00-16.00.

Untuk pasangan dari partai politik atau gabungan partai politik memperoleh paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau 9 kursi, atau memperoleh paling sedikit 25 persen dari akumulasi perolehan sura sah Pemilu 2014 (560.727) yaitu sebanyak 140.182 suara dengan ketentuan hanya berlaku untuk partai politik atau gabungan partai politik yang memperoleh kursi di DPRD.