Sambut Implementasi MEA 2015, UII Bangun Kerja Sama dengan Duy Tan University Vietnam

SAMBUT MEA 2015 - Penandatanganan Memorandum of Understanding antara UII dan Duy Tan University (DTU), Kamis (14/5/2015), di Kampus DTU Quang Trung, Da Nang, Vietnam. (Foto: Humas UII)
SAMBUT MEA 2015 – Penandatanganan Memorandum of Understanding antara UII dan Duy Tan University (DTU), Kamis (14/5/2015), di Kampus DTU Quang Trung, Da Nang, Vietnam. (Foto: Humas UII)

Da Nang, JOGJADAILY ** Menyambut implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, Universitas Islam Indonesia (UII) membangun kerja sama dengan Duy Tan University Vietnam (DTU).

“Arus globalisasi semakin menuntut perguruan tinggi untuk mampu mencetak generasi berdaya saing internasional. Dalam hal ini, Asia Tenggara merupakan pintu masuk strategis bagi generasi muda Indonesia dalam meningkatkan daya saing di level global yang semakin kompetitif,” ujar Wakil Rektor UII Bidang Kerja Sama dan Kemahasiswaan, Abdul Jamil.

Wakil Rektor UII memberikan sambutan saat penandatanganan Memorandum of Understanding antara UII dan Duy Tan University (DTU), Kamis (14/5/2015) di Kampus DTU Quang Trung, Da Nang, Vietnam.

“Ekstensifikasi kemitraan antar-institusi pendidikan tinggi di kawasan Asia Tenggara menjadi salah satu prioritas bagi UII dalam mengembangkan pola kerja sama,” tutur Abdul Jamil, seperti dirilis Humas UII.

Direktur International Program UII, Wiryono Raharjo, yang turut hadir dalam seremoni memaparkan kolaborasi yang akan segera dilaksanakan UII-DTU.

“Kami berencana melakukan joint studio bagi mahasiswa Arsitektur UII dan DTU dalam waktu dekat,” terang Wiryono yang juga dosen senior Arsitektur UII itu.

Selain itu, sambungnya, UII-DTU tengah mendalami penjajakan program pertukaran mahasiswa program studi Akuntansi dan Manajemen antar-kedua universitas.

Sementara itu, Wakil Rektor DTU Bidang Hubungan Internasional, Lê Nguyên Tuệ Hàng, menyambut baik kerja sama tersebut.

“Kualitas mutu UII sebagai perguruan tinggi nasional pertama di Indonesia dengan banyak pencapaian dalam pengelolaan pendidikan tinggi memperkuat keyakinan kami bahwa kerja sama ini ke depan akan produktif,” ucap Hàng Lê.

Menurutnya, sebagai perguruan tinggi swasta pertama dan terbesar di Vietnam bagian tengah, DTU menjadi mitra strategis UII dalam mengembangkan kerja sama di berbagai bidang akademik, seperti kolaborasi penelitian dan pertukaran staf, dosen, maupun pertukaran mahasiswa.

Vietnam, Negara Potensial

Saat ini, Vietnam sendiri merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tinggi di Asia Tenggara.

Kemitraan UII-DTU semakin memperkuat jejaring kerja sama UII di kawasan Asia Tenggara. UII memang tengah mengembangkan kerja sama dengan perguruan tinggi di berbagai negara kawasan Asia Tenggara, di antaranya Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Kamboja, dan Vietnam.

UII merupakan anggota aktif asosiasi Passage to ASEAN (P2A) serta dalam proses mengadaptasikan standar ASEAN University Network – Quality Assurance sebagai bagian dari pengembangan penjaminan mutu universitas.