11 Kelompok Tani Ikuti Lomba Kelompok Tani Berprestasi Tingkat DIY 2015

RAKOR - Rapat Koordinasi Lomba Kelompok Tani Berprestasi Tingkat DIY 2015 di Ruang Rapat Mawar Dinas Pertanian DIY, Senin (23/6/2015). (Foto: Dinas Pertanian DIY)
RAKOR – Rapat Koordinasi Lomba Kelompok Tani Berprestasi Tingkat DIY 2015 di Ruang Rapat Mawar Dinas Pertanian DIY, Senin (23/6/2015). (Foto: Dinas Pertanian DIY)

Umbulharjo, JOGJADAILY ** Sebelas kelompok tani dari Kulon Progo, Bantul, Gunungkidul, dan Sleman akan berkompetisi dalam Lomba Kelompok Tani Berprestasi Tingkat DIY Komoditas Padi, Jagung, dan Kedelai Tahun 2015.

“Lomba digelar dalam rangka meningkatkan penerapan teknologi oleh petani dalam wadah kelompok tani,” ujar Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian DIY, Udiyono, dalam Rapat Koordinasi persiapan lomba di Ruang Rapat Mawar, Senin (23/6/2015).

Dirilis Dinas Pertanian DIY, Lomba Kelompok Tani Berprestasi akan dilaksanakan pada 29 Juni 2015 sampai 1 Juli 2015.

“Dengan akan dilaksanakannya penilaian lomba kelompok tani maka kelompok tani diharapkan untuk menyiapkan penilaian. Tentunya juga mendapat dukungan dari anggota kelompok tani, pemerintah desa, kecamatan, dan kabupaten. Kelompok tani komoditas padi, jagung, dan kedelai yang mewakili kota/kabupaten dapat berprestasi pula di tingkat provinsi dan nasional,” tutur Udiyono.

Rapat dihadiri Tim Penilai Lomba yang terdiri dari Dinas Pertanian DIY, BPS DIY, BPTP Yogyakarta, BKPP DIY, UPTD BPTP, UPTD BPSB, dan Dinas Pertanian Kabupaten.

Koordinasi bertujuan untuk menjadwalkan pelaksanaan lomba dan kriteria penilaian lomba kelompok tani berprestasi. Aspek penilaian yang dinilai terdiri dari aspek intensifikasi, kemitraan, dan pembinaan oleh petugas.

Para Peserta

Kabupaten Bantul akan mendelegasikan KT Tani Manunggal Tambalan Pleret untuk komoditas padi, KT Sido Makmur III Derman Sumbermulyo Bambanglipuro untuk komoditas jagung, serta KT Sumbergiri Kanigoro Mangunan Dlingo untuk komoditas kedelai.

Peserta lomba dari Kabupaten Sleman adalah KT Ngudi Makmur Gangsiran Madurejo Prambanan untuk komoditas padi, KT Sido Makmur Karangpakis Wukirsari Cangkringan untuk komoditas jagung, serta KT Tani Makmur Gamparan Surharjo Prambanan untuk komoditas kedelai.

Perwakilan Kabupaten Gunungkidul yakni KT Sri Rejeki Bedil Kulon Semin untuk komoditas padi, KT. Ngudi Bogo Jonge Semanu untuk komoditas jagung, KT Ngudi Mulyo Garotan Semin untuk komoditas kedelai.

Sementara Kabupaten Kulon Progo mengirimkan KT Tahan Uji Kedundang Temon untuk komoditas padi, KT Sukatani Kalisoka Margosari Pengasih untuk komoditas jagung, serta KT Harapan Ds II Pandowan Galur untuk komoditas kedelai.