MEA 2015, Bupati Dorong PT Selo Adi Karto Manunggal dengan Bela dan Beli Kulon Progo

PELANTIKAN - Bupati Hasto melantik Dewan Komisaris dan Direktur Utama PT SAK Kulon Progo yang baru, di Rumah Dinas Bupati, Kamis (4/6/2015). (Foto: Pemkab Kulon Progo)
PELANTIKAN – Bupati Hasto melantik Dewan Komisaris dan Direktur Utama PT SAK Kulon Progo yang baru, di Rumah Dinas Bupati, Kamis (4/6/2015). (Foto: Pemkab Kulon Progo)

Wates, JOGJADAILY ** Menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 pada akhir tahun, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mendorong perusahaan pemerintah daerah PT Selo Adi Karto (SAK) untuk memberdayakan kekayaan atau sumber alam daerah demi kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap, PT SAK melakukan inovasi, gigih dalam berjuang, dan memiliki keberanian. Karena kalau tidak ada keberanian maka tentu kita tidak akan mendapatkan suatu loncatan kemajuan,” ujar Dokter Hasto usai melantik Dewan Komisaris dan Direktur Utama PT SAK yang baru, di Rumah Dinas Bupati, Kamis (4/6/2015).

Bupati melantik dan mengambil sumpah Sukoco sebagai Dewan Komisaris dan Made Hendra Putra sebagai Direktur Utama PT SAK untuk masa jabatan 2015-2020.

Dirilis Pemkab Kulon Progo, Bupati mengatakan, secara bertahap, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo akan ‘menyapih’ PT SAK agar mandiri.

“Terhadap adanya risiko, tidak perlu takut. Karena, tidak ada loncatan kemajuan itu yang tanpa risiko. Pasti ada risikonya. Saya berharap, perlindungan (proteksi) Pemda yang sedikit over protection, bisa disapih pelan-pelan, kemudian Pemda tidak perlu over protection lagi kalau seandainya PT SAK sudah bisa dibiarkan untuk bertanding sendiri, memenangkan di dalam suatu pertarungan di Pasar Bebas di tahun 2015, yang sebentar lagi akan dimulai,” tutur Hasto.

Sebelum 2011, PT SAK berkontribusi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp600 juta. Sejak 2011, mampu naik sebesar Rp1,6 miliar, dan pada 2014 sebesar Rp1,7 miliar.

“Hal ini menggembirakan, terlebih tanggung jawab terhadap sisa pajak bisa diselesaikan bersamaan dengan pencapaian target dalam memenuhi Pendapatan Asli Daerah yang sudah ditetapkan dalam rencana kerja tahunannya,” jelas Bupati.

Dokter Hasto berharap, PT SAK berkembang menjadi sebuah PT yang bisa merupakan konsorsium usaha-usaha, sebuah transisi menjadi perusahaan besar.

“Kesempatan yang sangat baik di periode ke depan ini adalah untuk mengubah kinerja dan kapasitas kerja dari PT SAK, untuk berkemampuan yang lebih kompleks dan lebih tinggi lagi,” kata Bupati.

Kesempatan yang harus diraih pada tahun-tahun mendatang, sambungnya, adalah beberapa hal yang berspirit dan bersemangat Bela dan Beli Kulon Progo.

Pendirian PT. SELO ADIKARTO di Kulon Progo yang bergerak di bidang produksi guna pengembangan, kemajuan. Dan peningkatan ekonomi daerah. Modal perusahaan ini 100% yang berasal dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Profil PT SAK

PT SAK adalah General Contractor dan Asphalt Mixing Plant. Pendirian PT SAK diorientasikan pada pengembangan, kemajuan, dan peningkatan ekonomi daerah. Modal perusahaan ini 100 persen berasal dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Hasil produksi PT SAK adalah Treat Base (Class A), Treat Base (Class B), Aspalt Treat Base (ATB), Hot Roller Sheet (HRS), dan Aspalt Concrete (AC).

Hasil produksi terutama diperuntukkan pembangunan di wilayah Kabupaten Kulon Progo dan apabila terdapat kelebihan produksi, dipasarkan ke luar daerah.