Resmikan Kolam UPT BBI Barongan, Bupati Bantul Lakukan Pelepasan Ikan Mas Najawa

NAJAWA - Bupati Bantul Sri Surya Widati melakukan pelepasan Ikan Mas Najawa, Rabu (10/6/2015), di UPT BBI Barongan Jetis. (Foto: Dinas Kelautan dan Perikanan Bantul)
NAJAWA – Bupati Bantul Sri Surya Widati melakukan pelepasan Ikan Mas Najawa, Rabu (10/6/2015), di UPT BBI Barongan Jetis. (Foto: Dinas Kelautan dan Perikanan Bantul)

Jetis, JOGJADAILY ** Saat meresmikan pembangunan kolam milik Unit Pelaksana Teknis Balai Benih Ikan (UPT BBI) Barongan, Bupati Bantul Sri Surya Widati juga melakukan pelepasan salah satu ikan mas lokal produksi Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni Ikan Mas Najawa (Mina Jogja Istimewa).

Dirilis Dinas Kelautan dan Perikanan Bantul, peresmian dilaksanakan pada Rabu (10/6/2015) di UPT BBI Barongan Jetis sebagai rangkaian Hari Jadi Kabupaten Bantul ke-184.

Ikan Mas Najawa tergolong ikan unggulan DIY karena warnanya yang merah menyala dan tubuhnya yang bulat memanjang. Ikan ini merupakan jenis ikan baru hasil domestikasi yang dilakukan oleh Balai Pengembangan Teknologi Kelautan dan Perikanan (BPTKP) DIY dan telah di-launching melalui SK Menteri Kelautan dan Perikanan No.41/Kepmen/2014.

Nama ikan mas merah Najawa diberikan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

Pada tahun ini, UPT BBI akan mengembangkan ikan lokal untuk memperkaya jenis dan varietas ikan mas yang beredar di Bantul.

UPT BBI Kabupaten Bantul mengadakan pembelian calon induk ikan nila merah Najawa dari Unit Kerja BAT Cangkringan, Balai Pengembangan Teknologi Kelautan dan Perikanan (BPTKP), Dinas Kelautan dan Perikanan DIY.

Ikan Najawa merupakan hasil perbanyakan dan seleksi ikan mas merah BPTKP DIY sejak 1970 hingga 2013.

Pengadaan calon induk ikan mas Najawa sebanyak 97 kg terdiri dari 78 ekor jantan dan 83 ekor betina. Rencananya ikan-ikan tersebut akan diadaptasikan dan dipijahkan terlebih dahulu di 4 lokasi BBI, yakni BBI Barongan, BBI Krapyak, BBI Gesikan, dan BBI Sanden. Benih yang dihasilkan dari pemijahan tersebut merupakan benih unggul yang dapat diakses oleh masyarakat.

Proyek Fisik

Bupati Bantul menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian proyek fisik. Proyek fisik yang diresmikan lingkup UPT BBI adalah pembangunan kolam BBI Barongan dengan nilai sebesar Rp537.600.000.

Selain itu, pembangunan Kolam BBI Gesikan dengan nilai sebesar Rp326.841.000, serta pembangunan Reservoir BBI Sanden dengan nilai sebesar Rp60 juta.

Pembangunan proyek fisik di UPT BBI menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Kelautan dan Perikanan.