Tarling Silaturahmi Ramadhan, Walikota Yogyakarta Kembali Giatkan Gemmar Mengaji

SILATURAHMI - Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, bersilaturahmi Ramadhan di Masjid Al-Muhtadin, RW 04 Basen, Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Jumat (26/6/2015). (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)
SILATURAHMI – Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, bersilaturahmi Ramadhan di Masjid Al-Muhtadin, RW 04 Basen, Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Jumat (26/6/2015). (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Kotagede, JOGJADAILY ** Untuk mempererat komunikasi antara Pejabat Pemerintah Kota Yogyakarta selaku Umara dan masyarakat sebagai Umat, Tarawih Keliling menjadi bagian Silaturahmi Ramadhan yang digelar Pemkot.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, memberikan khotbah singkat dalam Shalat Tarawih berjamaah di Masjid Al-Muhtadin, RW 04 Basen, Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Jumat (26/6/2015).

Ia mengatakan, umat Muslim Kota Yogyakarta diharap terus memupuk pemahaman dan pengamalan Al-Quran agar tercipta masyarakat yang agamis dan berbudaya. Salah satu caranya, melalui kegiatan Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji, atau Gemmar Mengaji, yang telah dicanangkan secara nasional sejak 2013.

“Melalui Gemmar Mengaji, masyarakat diharapkan membiasakan diri untuk mengaji selepas Shalat Maghrib hingga tiba waktu Isya. Akan lebih baik jika dilakukan bersama keluarga. Karena, selain menambah pemahaman mengenai Al-Quran, juga bisa menjadi ajang berkumpulnya keluarga,” ujar Walikota di hadapan sekitar 50 orang jamaah.

Dirilis Humas Pemkot Yogyakarta, Haryadi mengungkapkan, pelaksanaan Gemmar Mengaji di Yogyakarta dinilai baik, karena sosialisasinya telah mencapai kecamatan dan kelurahan.

“Pelaksanaan Gemmar Mengaji di Kota mendapat apresiasi dari Menteri Agama, karena Kota sudah mampu menerjemahkan hingga level kecamatan dan kelurahan,” ucap Walikota.

Dalam kesempatan ini, selain silaturahmi, dilaksanakan pula penyerahterimaan bantuan dari Walikota kepada Takmir Masjid. Bantuan berupa uang tunai sejumlah Rp5 juta tersebut rencananya digunakan Takmir untuk merehab bangunan masjid yang telah berdiri sejak 1957.

Tarawih Dua Kali

Sementara itu, Penasihat Takmir Masjid Al Muhtadin, Sudirman, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran Walikota beserta jajaran pejabat Pemkot ke Masjid Al-Muhtadin.

“Merupakan anugerah dari Allah, Masjid Al Muhtadin kerawuhan Pak Wali beserta jajarannya. Semoga rawuhnya Pak Wali mampu memberi manfaat,” katanya.

Sudirman melaporkan berbagai kegiatan Masjid Al-Muhtadin, meliputi Pengajian Malam Jumat, Kajian Hadis setiap Ahad, Tadarus Ibu-Ibu, serta pemeriksaan kesehatan gratis bagi jamaah.

“Untuk bulan Ramadhan, Shalat Tarawih berjamaah dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu selepas Isya dan pukul dua dini hari,” terangnya.