Termasuk Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Bantul ke-184, Pasar Pleret Diresmikan

POTONG BUNTAL - Pemotongan buntal dilakukan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul, Ny. Sumarno, saat peresmian Pasar Pleret, Rabu (10/6/2015). (Foto: Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Bantul)
POTONG BUNTAL – Pemotongan buntal dilakukan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul, Ny. Sumarno, saat peresmian Pasar Pleret, Rabu (10/6/2015). (Foto: Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Bantul)

Pleret, JOGJADAILY ** Untuk menyambut Hari Jadi Kabupaten Bantul ke-184 yang jatuh pada 20 Juli 2015 mendatang, beberapa agenda penting digelar. Salah satunya, Peresmian Pasar Pleret.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Bantul, Didik Warsito, mewakili Bupati Bantul meresmikan Pasar Pleret, Rabu (10/6/2015), ditandai penandatangan prasasti. Sementara pemotongan buntal dilakukan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul, Ny. Sumarno.

“Pembangunan pasar tradisional merupakan komitmen pemerintah daerah dalam upayanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bantul. Hal ini bertujuan agar pasar tradisional mampu bersaing dengan pasar modern yang semakin berkembang pesat di wilayah Bantul,” sambutan Bupati Bantul oleh Kepala DPPKAD Bantul.

Selain itu, sambungnya, diharapkan, pedagang menghindari rentenir apabila memerlukan bantuan modal untuk mengembangkan usaha. Pemerintah Daerah telah menyiapkan dana bergulir melalui DPPKAD dan dilaksanakan oleh Kantor Pengelolaan Pasar.

Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Bantul, Slamet Santosa, melaporkan bahwa renovasi Pasar Pleret telah dilaksanakan dua Tahap.

Pada 2013, pembangunan los sisi barat dan pembangunan kios kuliner dengan anggaran Rp1.968.754.000. Pada 2014, rehabilitasi los lama, pembangunan los baru, pemasangan corblok, musala, dan fasilitas pendukung lain dengan anggaran Rp3.229.689.000.

“Melihat kondisi Pasar Pleret saat ini, masih ada beberapa yang perlu direhabilitasi. Oleh karena itu, ke depan, direncanakan untuk dilakukan rehabilitasi los pasar hewan di sisi barat, rehabilitasi kios sisi selatan, dan pembangunan pagar keliling,” terang Slamet dirilis Kantor Pengelolaan Pasar.

Peresmian Pasar Pleret menjadi agenda ke sekian, setelah peresmian Pembangunan Gedung Laboratorium Seni Pertunjukan SMKN 1 Kasihan, Pembangunan IPAL Komunal di Pelemsewu Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon, Peresmian Corblok Jalan Dusun Slanggen Desa Timbulharjo Kecamatan Sewon.

Peresmian bertempat di halaman Pasar Pleret sisi timur kios kuliner dan dihadiri anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bantul, Komandan Kodim 0729 Bantul, Kepala SKPD, Muspika Kecamatan Pleret, serta tamu undangan lain.

Rehabilitasi Pasar Sorobayan

Sebelumnya, Rabu (2/6/2015), Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Bantul mengadakan sosialisasi rehabilitasi Pasar Sorobayan.

Rehabilitasi dimulai Juni dan selesai November 2015. Selama proses pembangunan, pedagang Pasar Sorobayan direlokasi di sebelah timur Lapangan Desa Gadingsari Kecamatan Sanden, yang terletak di sebelah utara Balai Desa Gadingsari, kurang lebih 500 meter dari lokasi Pasar Sorobayan.

Pembangunan shelter diprioritaskan bagi pedagang los, sedangkan pedagang arahan menyesuaikan tempat yang ada dengan tetap menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan lingkungan. Pedagang kambing dan ayam yang selama ini berada di selatan Pasar Sorobayan sementara akan menempati bekas SD Sorobayan di sebelah selatan lapangan Gadingsari atau sebelah barat Balai Desa Gadingsari.

Rehabilitasi Pasar Sorobayan meliputi renovasi los lama, penambahan los, pemindahan los hewan di sisi timur, pembangunan kios, musala, dan fasilitas lainnya. Penambahan los pasar menggunakan tanah kas desa yang berada di sisi timur los lama sebagai perluasan untuk menampung pedagang arahan yang berada di depan dan di pinggir jalan.