Jumlah Mahasiswa Terus Meningkat, Garuda Indonesia Beri Potongan Tiket Keluarga Besar UTY

POTONGAN TIKET - Penandatanganan MoU antara Garuda Indonesia dan UTY di Kampus 1 UTY, Rabu (1/7/2015). (Foto: Humas UTY)
POTONGAN TIKET – Penandatanganan MoU antara Garuda Indonesia dan UTY di Kampus 1 UTY, Rabu (1/7/2015). (Foto: Humas UTY)

Mlati, JOGJADAILY ** Ada kabar baik untuk keluarga besar Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY). Kini, mereka mendapatkan potongan harga tiket dari PT Garuda Indonesia Tbk. Alasannya, jumlah student body UTY yang terus meningkat secara signifikan.

“Kepercayaan PT Garuda Indonesia Tbk tidak terlepas dari perkembangan UTY yang begitu pesat. Sinergi dengan Garuda Indonesia merupakan hal yang sangat positif mengingat jumlah student body UTY saat ini hampir 10 ribu,” ujar Rektor UTY Prof Bambang Hartadi, saat penandatanganan MoU di Kampus 1 UTY, Rabu (1/7/2015), dirilis Humas UTY.

Menurut Bambang, dalam waktu dekat, pertumbuhan jumlah student body segera menjadi 15 ribu, kemudian 25 ribu mahasiswa. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Terlebih lagi dengan kegiatan internasional UTY ke berbagai negara di belahan dunia untuk memberikan global experience bagi dosen dan mahasiswa UTY.

Program pemberian potongan harga tiket bagi keluarga besar UTY diberikan kepada mahasiswa, dosen, karyawan, serta keluarga inti dosen dan karyawan UTY, yakni suami/istri dan anak. Potongan diberikan untuk rute domestik maupun internasional.

Adapun potongan corporate account sebesar 10 persen untuk rute domestik, dan 14 persen untuk rute internasional. Sedangkan corporate direct sebesar 15 persen untuk rute domestik dan 20 persen untuk rute internasional. Selain itu, masih diberikan tambahan free bagasi 10 kilogram.

Nota kesepahaman kerja sama antara Universitas Teknologi Yogyakarta dengan PT Garuda Indonesia Tbk, ditandatangani oleh Rektor UTY, Prof Bambang Hartadi, dan General Manager PT Garuda Indonesia Cabang Yogyakarta, Muhammad Anshori.

Sementara itu, Muhammad Anshori menyampaikan bahwa kerja sama dengan UTY merupakan bentuk kepedulian PT Garuda Indonesia Tbk pada dunia pendidikan tinggi.

“Dengan jumlah mahasiswa yang relatif besar dan terus bertumbuh serta banyaknya kegiatan pengiriman dosen dan mahasiswa ke luar negeri maka UTY merupakan pangsa pasar potensial bagi PT Garuda Indonesia,” tutur Anshori.

Ia menyampaikan, untuk memanfaatkan fasilitas potongan harga tiket dari Garuda, baik dosen maupun staf administrasi, cukup menunjukkan tanda pengenal UTY dan kartu mahasiswa yang masih berlaku bagi para mahasiswa ke tempat resmi penjualan tiket Garuda Indonesia yang telah ditunjuk. Sedangkan untuk keluarga dosen dan karyawan UTY, menggunakn Kartu Keluarga.

Jumlah Penumpang

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatat, penumpang penerbangan domestik pada Maret 2015 mencapai 5,1 juta orang, atau naik 8,35 persen dibandingkan Februari 2015 sebanyak 4,7 juta orang.

Jumlah angkutan udara ke luar negeri atau internasional pada Maret 2015 sebanyak 1,1 juta orang atau naik 11,86 persen dibandingkan Februari 2014 sebanyak 991,8 ribu orang.

Selama Januari-Maret 2015, jumlah angkutan udara ke luar negeri, baik menggunakan penerbangan nasional maupun asing, mencapai 3,2 juta orang, atau turun 3,54 persen dibandingkan periode sama tahun 2014 sebanyak 3,3 juta orang.