Tanamkan Cinta Tanah Air, Mercumatika UMBY Gelar Pameran Media Pembelajaran Matematika

CINTA MATEMATIKA - Pameran Media Pembelajaran Matematika 2015 Mercumatika UMBY. (Foto: Mercumatika)
CINTA MATEMATIKA – Pameran Media Pembelajaran Matematika 2015 Mercumatika UMBY. (Foto: Mercumatika)

Sedayu, JOGJADAILY ** Apa hubungannya matematika dan cinta Tanah Air? Penasaran? Anda dapat belajar dari Pameran Media Pembelajaran Matematika 2015 yang digelar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Jurusan Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta (FKIP Matematika UMBY), atau biasa disebut Mercumatika.

Acara digelar Selasa (22/9/2015) di Kampus I Sedayu, Jalan Wates km 10. Bertema ‘Berkarya untuk Negeriku’, 12 kelompok memamerkan alat peraga matematika, mulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 12.00.

“Pameran adalah buah dari pembelajaran selama ini yang selalu ditekankan tentang nasionalisme, tentang kecintaan terhadap Tanah Air, tentang bangga ber-Indonesia. Karena, kita merasa prihatin terhadap mental anak bangsa yang secara tanpa sadar diserang alam bawah sadarnya untuk menjadi bangga ketika menjadi bangsa lain dan bersikap biasa saja ketika menjadi Indonesia,” ujar Kaprodi Mercumatika, Nanang Khuzaini, kepada Jogja Daily, Jumat (25/9/2015).

Ia menjelaskan, dalam perkembangannya, kurikulum program studi pendidikan matematika UMBY memang di-setting untuk pembelajaran berbasis produk. Misalnya, mata kuliah teknologi pembelajaran yang menghasilkan alat peraga pembelajaran. Selain itu, multimedia yang benar-benar bisa digunakan untuk pembelajaran dikelas, dihasilkan dalam mata kuliah multimedia pembelajaran.

“Dengan pembelajaran berbasis produk, mahasiswa sebenarnya telah melewati tiga tahapan pembelajaran sekaligus, yaitu teori, praktik, dan hasil. Hasil nyata dari sebuah proses pembelajaran di kelas akan memotivasi mahasiswa untuk terus berkarya dan menghasilkan sesuatu yang lebih baik,” terang Nanang.

Membuka Cakrawala

Menurut Nanang, pameran alat peraga seperti ini harus digalakkan guna membuka cakrawala berpikir mahasiswa untuk berkarya menghasilkan karya yang baik, original, dan bermanfaat.

“Hal ini dirasa penting, karena ketika mahasiswa nantinya benar-benar terjun menjadi pendidik maka akan banyak menghadapi macam-macam tabiat, kecerdasan, perilaku, dan cara belajar siswa,” jelasnya.

Ia menambahkan, karya mahasiswa Mercumatika kini semakin banyak. Sebelumnya, pameran ‘Matematika Berkarya’ bertajuk ‘Simphoni dalam Media’ sukses digelar. Jika Anda menyusuri Perdesaan Sorotopo, Seloharjo, Pundong, Bantul, Anda akan banyak melihat hasil karya mahasiswa Mercumatika. Semua itu hasil pemberdayaan masyarakat Mercumatika.

Pengunjung pameran kali ini tidak hanya datang dari mahasiswa Mercumatika. Program studi lain di lingkungan UMBY juga banyak yang tertarik datang untuk melihat dan memberikan vote bagi alat peraga terbaik. Bahkan mahasiswa Universitas PGRI dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) turut hadir, melihat alat peraga yang dipamerkan.

3 thoughts on “Tanamkan Cinta Tanah Air, Mercumatika UMBY Gelar Pameran Media Pembelajaran Matematika

  1. Semoga, semester depan masih ada program berkelanjutan. Matematika UMBY Jaya berkarya terus untuk Negeri tercinta.

  2. Saya berharap dengan adanya literasi matematika semua siswa baik tingkat sd, smp, sma/smk lebih tertarik mempelajari matematika, karena matematika merupakan ilmu alam yang wajib dipelajari…

Comments are closed.