Warung Gudeg Clayton, Cita Rasa Kuliner Jogja di Melbourne

LARIS MANIS - Warung Gudeg Clayton Melbourne menyajikan gudeg dengan racikan bumbu tradisional. (Foto: True Local Australia)
LARIS MANIS – Warung Gudeg Clayton Melbourne menyajikan gudeg dengan racikan bumbu tradisional. (Foto: True Local Australia)

Melbourne, JOGJADAILY ** Untuk menambah kecintaan Anda pada Kota Jogja, sesekali berkunjunglah ke Clayton, Melbourne, Australia. Sebagian warga negara Indonesia menyebut Clayton dengan lidah Jawa, sebagai Klaten. Dengan kereta atau bus, Anda dapat menyambangi Clayton, karena hanya berjarak sekira 19 kilometer ke arah tenggara Kota Melbourne.

Tepatnya 276 Clayton Rd Clayton Vic 3168, Anda akan menjumpai restoran menarik bernama Warung Gudeg. Penamaan yang tetap berbahasa Jawa menguatkan kesan tentang keyakinan Sang Pendiri bahwa kuliner Jawa memang dapat dijual laris di luar negeri.

Warung Gudeg berdiri pada April 2006 dan merupakan restoran Indonesia pertama di Melbourne yang khusus menyajikan gudeg Jogja, hidangan tradisional Indonesia.

Satu porsi Nasi Gudeg Komplit seharga $12.50, sementara Paket Gudeg Komplit untuk dua orang seharga $22. Bukan hanya itu, Warung Gudeg juga merekomendasikan hidangan lain yang tidak kalah sedapnya, yakni Lontong Cap Gomeh, Lontong Sate Ayam, dan Ayam Goreng Kalasan, plus sambal khas pengundang selera.

Selain harga yang relatif terjangkau, semua sajian Warung Gudeg diramu dari bumbu tradisional yang berkualitas. Pertimbangannya, sajian kuliner ini tentu saja akan dinilai sebagai representasi masakan Indonesia di Negeri Kanguru.

Bumbu yang tidak instan, seni memasak tradisional, dan racikan chef berpengalaman, Warung Gudeg kemudian dikenal luas tidak hanya bagi kalangan Indonesia, tapi juga penduduk Australia, khususnya Clayton, Melbourne.

Prospektus

Menyasar lebih dari 4 juta penduduk Melbourne ditambah para pendatang yang tak sedikit, berbisnis kuliner di sana memang bisnis menggiurkan. Apalagi Melbourne disebut sebagai kota terpenting kedua di Australia dari segi bisnis, juga kota budaya dan olahraga.

LEZAT - Satu porsi Nasi Gudeg Komplit seharga $12.50 di Warung Gudeg Clayton Melbourne. (Foto: True Local Australia)
LEZAT – Satu porsi Nasi Gudeg Komplit seharga $12.50 di Warung Gudeg Clayton Melbourne. (Foto: True Local Australia)

Warung Gudeg tak sendiri. Ada lusinan restoran bermacam negara yang menawarkan bermacam menu luar Australia. Selain Indonesia, restoran halal dapat dijumpai bertebaran di Melbourne, menjajakan menu India, Malaysia, Afganistan, Meksiko, Turki, Maroko, hingga Lebanon.

Usai mencicipi Warung Gudeg, Anda dapat pula berkunjung ke Minang Restaurant, semacam Warung Padang di Melbourne, terletak di 242 Swanston Street. Masih ada lagi, Anda dapat menjajal Nelayan Indonesian Restaurant, tak jauh dari Minang Restaurant, di 265-267 Swanston Street Melbourne.

Bagaimana? Anda tertarik mencoba peruntungan bisnis kuliner Jogja di luar negeri?

One thought on “Warung Gudeg Clayton, Cita Rasa Kuliner Jogja di Melbourne

Comments are closed.