Domapan, Bus Wisata Khas Jogja Ala Telkomsel untuk HUT Kota Yogyakarta ke-259

BUS WISATA - Peresmian Bus Wisata Domapan di Taman Pintar, Senin (5/10/2015). (Foto: Arif Giyanto)
BUS WISATA – Peresmian Bus Wisata Domapan di Taman Pintar, Senin (5/10/2015). (Foto: Arif Giyanto)

Gondomanan, JOGJADAILY ** Teruntuk HUT Kota Yogyakarta ke-259, Telkomsel menghadiahkan bus promosi wisata bernama Domapan. Bus didesain khusus khas Jogja, penuh nuansa klasik trem zaman dahulu.

Artistik desain bus mengacu pada ciri khas Kraton Yogyakarta warna hijau disertai sentuhan warna emas. Tiang-tiang bus lengkap dengan lampu andong di bagian belakang yang mencerminkan ciri khas kendaraan tradisional Kraton.

Resmi beroperasi mulai Senin (5/10/20150, bus berukuran panjang 747 cm, tinggi 315 cm, dan lebar 210 cm mampu membawa 30 penumpang. Pemandu wisata diikutsertakan untuk menambah wawasan wisatawan tentang sejarah Jogja. Wisawatan dapat menjumpai Bus Domapan di Taman Pintar dengan rute Taman Pintar, keliling Benteng, dan kembali lagi ke Taman Pintar.

“Pengadaan digagas sejak tahun 2014 lalu, atau tepatnya pada peringatan Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta ke-258. Do dari Doea atau dua, Ma dari lima, dan Pan dari angka Delapan. Jadi, Domapan itu dari 258,” ujar Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, saat peresmian.

Bus diserahkan Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, kepada Walikota dan akan digunakan sebagai sarana promosi wisata.

Usai serah terima, Walikota bersama Direktur Telkomsel, para undangan, dan para jurnalis melakukan uji coba kendaraan, mengitari Kawasan Beteng Kraton Yogyakarta, berawal dari Taman Pintar melewati Jalan Panembahan Senopati, Jalan Katamso, Jalan Mayjen Sutoyo, Jalan MT Haryono, Jalan Suryowijayan, Jalan KH Wahid Hasyim, Jalan KH Ahmad Dahlan, dan kembali ke Taman Pintar.

Domapan juga bermakna ‘Podho Mapan’ yang berarti sama-sama mapan atau maju. Walikota menjelaskan, kehadiran bus Domapan dapat menyebarkan semangat kepada seluruh elemen masyarakat untuk turut serta memajukan pariwisata Kota Yogyakarta.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Telkomsel yang telah mewujudkan impian masyarakat Yogyakarta untuk memiliki mobil wisata,” tutur Walikota.

Bus merupakan salah satu bentuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel, mendukung kemajuan pariwisata di Kota Yogyakarta.

Boleh untuk Umum

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, menerangkan, pihaknya senantiasa berkontribusi pada kemajuan Indonesia di berbagai bidang, termasuk industri pariwisata.

“Inilah wujud kepedulian kami terhadap kemajuan pariwisata Kota Yogyakarta, sebagai salah satu kota tujuan wisata utama di Indonesia, baik bagi wisatawan mancanegara maupun lokal. Bus ini dibangun bertingkat atau double deck dengan desain unik, artistik, dan beratap terbuka supaya dapat menarik minat pengunjung,” ucap Ririek.

Pengelolaan Bus Domapan akan diserahkan kepada Paguyuban Lumbung Wisata. Selain untuk berwisata keliling Benteng Kraton, dapat juga digunakan oleh masyarakat umum untuk acara-acara tertentu.

“Yang mau pakai untuk pre wedding, dipersilakan. Atau mau lain, silakan. Atau mau digunakan hotel untuk para tamunya, juga dipersilakan,” tambah Walikota.