Veggiewagen, Es Krim Berbahan Nabati Sarat Gizi yang Mulai Disukai

ES KRIM SAYURAN - Dikreasi untuk menarik mahasiswa agar menyukai sayuran, es krim Veggiewagen layak Anda coba. (Foto: Humas UGM)
ES KRIM SAYURAN – Dikreasi untuk menarik mahasiswa agar menyukai sayuran, es krim Veggiewagen layak Anda coba. (Foto: Humas UGM)

Depok, JOGJADAILY ** Bagi Anda, para penggemar es krim yang ingin mencari sensasi baru, datanglah ke Festival Wirausaha dan Seni Kreatif Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) yang digelar hingga hari ini, Sabtu (10/10/2015). Anda dapat mencoba Veggiewagen, es krim penggoyang lidah berbahan sayuran sarat gizi.

“Pemilihan sayur-mayur sebagai bahan baku es krim berawal dari keprihatinan kami terhadap rendahnya minat anak muda untuk mengonsumsi sayur,” ujar pengembang Veggiewagen, Anggita Rimadani, Kamis (8/10/2015), dirilis Humas UGM.

Ia bersama keenam rekannya, yaitu Nadia Nurina Azti, Iin Wulandari, Retno Wulandari, Khabib Wahyu Effendi, Galih Prakoso, dan Aswanuddin Hamid, mengemas sayur yang kurang disukai dalam bentuk lebih menarik, yakni es krim. Veggiewagen dibuat berbahan sawi, wortel, dan bayam merah.

“Berangkat dari kebiasaan mahasiswa yang kurang memperhatikan makanan sehat dan kurang asupan sayur, kami berinovasi mengolah sayur menjadi es krim yang disukai banyak kalangan,” terang Anggita.

Pembuatan Veggiewagen terbilang mudah, layaknya es krim pada umumnya. Sayuran direbus untuk diambil sarinya, kemudian sari-sari sayur diolah bersama bahan-bahan es krim lain. Dalam satu kali produksi, biasanya dihasilkan 4 liter es krim, dengan penambahan 2 kilogram sayur.

“Saat ini, kami baru mengembangkan tiga varian rasa, yaitu sawira, carrota, dan spinach,” kata mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi tersebut.

Veggiewagen baru dipasarkan terbatas dalam ekspo-ekspo kewirausahaan dan kuliner. Satu cup es krim Veggiewagen dijual dengan harga Rp10 ribu. Sementara untuk rasa campuran dibanderol seharga Rp12 ribu. Disajikan dengan beraneka topping, es krim Veggiewagen layak Anda coba.

“Kita sediakan topping seperti chochocip, almond, buble, marsmallow, oreo, dan cornflake,” pungkasnya.

Makanan Beku

Menurut Elizabeth David dalam bukunya berjudul Harvest of the Cold Months: the Social History of Ice and Ices terbitan Penguin London pada 1994, es krim merupakan makanan beku yang dibuat dari produk susu seperti krim atau sejenisnya, digabungkan dengan perasa dan pemanis.

Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar. Tradisionalnya, suhu dikurangi dengan menaruh campuran es krim ke sebuah wadah, dimasukkan ke dalam campuran es pecah dan garam.

Garam membuat air cair dapat berada di bawah titik beku air murni, dan wadah akan mendapat sentuhan merata dengan air dan es tersebut.

Meskipun istilah es krim sering digunakan untuk menunjuk ke dessert beku dan makanan ringan, tapi sebenarnya digunakan untuk menunjuk ke dessert beku dan makanan ringan yang terdiri dari lemak susu. Banyak negara, termasuk Amerika Serikat, membatasi penggunaan istilah ini berdasarkan kuantitas dari bahan dasar makanan.