Promosikan UMKM dan Wisata Daerah Sleman, 50 Foto Dipamerkan di Plaza Ambarrukmo

PROMOSI UMKM - pameran fotografi bertajuk ‘Potensi UKM dan Pariwisata Lereng Merapi 2015’ di Hall B Lantai II Plaza Ambarrukmo, 17-21 November 2015. (Foto: Agus A. Pribadi)
PROMOSI UMKM – pameran fotografi bertajuk ‘Potensi UKM dan Pariwisata Lereng Merapi 2015’ di Hall B Lantai II Plaza Ambarrukmo, 17-21 November 2015. (Foto: Agus A. Pribadi)

Depok, JOGJADAILY ** Pemerintah Kabupaten Sleman memiliki cara berbeda untuk memperkenalkan komoditas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta obyek wisata kepada khalayak luas.

Bekerja sama dengan Jogja Shutter Camp (JSC), Humas Sekretariat Daerah menggelar pameran fotografi bertajuk ‘Potensi UKM dan Pariwisata Lereng Merapi 2015’ di Hall B Lantai II Plaza Ambarrukmo, 17-21 November 2015.

Acara tersebut didukung PD BPR Sleman dan Plaza Ambarrukmo Management.

“Sebanyak 50 foto dipamerkan, yakni 20 foto pemenang dari 4 kategori lomba dan 30 foto nominator lomba. Empat kategori tersebut adalah kategori Cagar Budaya dan Bangunan Haritage, kategori Proses Produksi UKM, Kategori Ragam Pesona Wisata Sleman, dan kategori On The Spot Obyek Wisata Lereng Merapi,” papar Humas Pemerintah Daerah Sleman, Ivhal Ilyas, saat ditemui usai pembukaan pameran di Plaza Ambarukmo, Selasa (17/11/2015).

Pameran foto dibuka oleh Penjabat Bupati Sleman, Gatot Saptadi. Dalam sambutannya, ia menjelaskan, kegiatan pameran foto menjadi media publikasi dan bentuk dukungan konkret pemerintah terhadap kemajuan produk UMKM di Sleman.

Dengan menjadikan Plaza Ambarukmo sebagai salah satu tujuan wisatawan di Yogyakarta, Gatot berharap, event ini bisa menjaring peminat seluas mungkin, sehingga produk lebih dikenal.

“Saya berharap, melalui kegiatan ini potensi-potensi yang ada di Sleman, baik dalam bidang UMKM maupun Pariwisata dapat semakin dikenal oleh masyarakat, investor, maupun wisatawan. Kegiatan ini menjadi media eksistensi para fotografer, baik profesional maupun amatir, untuk memperkenalkan karya-karyanya pada masyarakat luas,” tuturnya.

Acara juga dihadiri GM Plaza Ambarukmo, Direktur PD BPR Bank Sleman, Staf Ahli, serta tamu undangan dari SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman.

Peran Kampus

UMKM dan wisata daerah dapat berkembang dengan baik di Sleman, tidak dilepaskan dari peran kampus. Salah satunya, Universitas Islam Indonesia (UII).

Dirilis Humas UII, selama beberapa tahun terakhir, UII dan Pemerintah Kabupaten Sleman telah aktif berkolaborasi dalam mendampingi UMKM di wilayah Sleman, seperti pembentukan Community Based Development untuk Pemberdayaan Sentra Industri Kerajinan Bambu, Dusun Brajan, Desa Sendang Agung Kecamatan Minggir.

Selain itu, kerja sama institusi juga telah dilaksanakan pada level fakultas, seperti dengan Fakultas Kedokteran, Fakultas MIPA, dan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya.

Kerja sama antara UII dan Pemerintah Kabupaten Sleman juga untuk lebih memperkuat dan menyatukan kerja sama yang selama ini telah terjalin secara parsial antar-unit, menjadi lebih terintegrasi dengan adanya kesepakatan di bawah payung universitas.

UII telah mendukung peningkatan sumberdaya manusia dan kualitas masyarakat di Kabupaten Sleman, sehingga dapat mengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki. Meski demikian, permasalahan yang mendesak untuk segera dicarikan solusi adalah belum optimalnya penanganan kemiskinan.