Berkah Bela Beli Kulon Progo, Bupati Hasto Menangi Regional Marketing Award 2015

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo. (Foto: Pemkab Kulon Progo)
Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo. (Foto: Pemkab Kulon Progo)

Jakarta, JOGJADAILY ** Siapa sangka, slogan Bela Beli Kulon Progo ternyata memiliki berkah tersendiri. Bukan hanya bagi warga Kabupaten Kulon Progo, karena mampu membangun kekuatan perekonomian daerah. Namun, juga bagi Bupati Hasto Wardoyo.

Pada Kamis (10/12/2015) malam, Dokter Hasto memenangi Regional Marketing Award 2015. Dirilis Pemkab Kulon Progo, penyerahan Sertifikat Penghargaan diserahkan oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia di Ballroom 3-The Ritz Carlton Pacific Place Sudirman Central Business District (SCBD) Jakarta.

Penghargaan ini mengapresiasi daerah yang kreatif dan inovatif dalam pertumbuhan ekonomi 2015. Selain itu, merupakan apresiasi terhadap daerah yang melakukan inovasi dan kreatifivas serta berhasil melakukan kinerja yang baik dan bisa menjadi inspirasi bagi Provinsi/Kota/Kabupaten lain.

“Kulon Progo mengangkat tema Bela Beli Kulon Progo sebagai Upaya Meningkatkan Pemasaran Daerah,” ujar Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Eko Wisnu Wardhana.

Pada saat paparan, sambungnya, Bupati Hasto dapat meyakinkan Dewan Penilai, karena membawa langsung contoh produk-produk Bela Beli Kulon Progo dan ditunjukkan satu per satu, sesuai materi yang ditampilkan di slide paparan.

Produk-produk tersebut yakni kain batik, beras sehat 5 kg, Air-Ku gelas dan botol, batu andesit 4 ukuran, gula semut, teh dan kopi Suroloyo, buku Widya Wisata dan kaset senam angguk.

“Sehingga yang ditampilkan tidak hanya foto saja, tapi produk nyatanya,” ucap Eko.

Ia menjelaskan, pada saat penilaian, Kabupaten Kulon Progo telah mengirimkan Angket Kinerja Pemasaran Daerah yang terdiri dari 3 bagian dengan total 18 pertanyaan untuk mengukur kinerja pemasaran daerah.

Pertama, capaian kinerja pertumbuhan ekonomi mengenai pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Kedua, Inisiatif Tourism, Trade, Invesment (TTI) mengenai upaya-upaya yang dilakukan untuk mendorong pariwisata, perdagangan, dan investasi.

Ketiga, inisiatif menghadapi gejolak ekonomi (Inisiatif Lain), mengenai upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka mengantisipasi gejolak perekonomian.

Pemenang Silver Kategori Kabupaten

Regional Marketing Award 2015 diselenggarakan oleh DPD RI, bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, dengan pelaksananya, MarkPlus Inc.

Dewan Penilai terdiri dari DPD RI, Kemendagri, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata, BKPM, BPS, Ketua Indonesia Marketing Association, dan MarkPlus.

Panitia menilai peserta dalam tiga kategori, yakni Provinsi, Kota, dan Kabupaten, dalam tingkatan Gold, Silver, dan Brown.

Berdasar penilaian Dewan Penilai, setelah melalui Tahap I, Kabupaten Kulon Progo masuk dalam nominasi tahap berikutnya, dengan rincian nominasi: 5 Provinsi, 10 Kota, dan 15 Kabupaten.

Penjurian Tahap II dilaksanakan dengan wawancara di hadapan Dewan Penilai yang didahului paparan oleh peserta (Gubernur/Walikota/Kabupaten peserta) pada Jumat (27/11/2015) di Gedung B Sekretariat Jenderal DPD RI Kompleks MPR/DPR RI.

Kabupaten Kulon Progo memenangkan penghargaan sebagai Pemenang Silver Kategori Kabupaten.