Efektifkan Birokrasi, Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Prambanan Diluncurkan

Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Prambanan. (Foto: Pemkab Sleman)
Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Prambanan. (Foto: Pemkab Sleman)

Prambanan, JOGJADAILY ** Ada yang berbeda bila Anda berkunjung ke kantor Kecamatan Prambanan. Untuk kemudahan, pihak kecamatan kini menyediakan 4 loket pelayanan. Loket 1 melayani bidang kemasyarakatan, Loket 2 untuk bidang pelayanan umum, Loket 3 untuk bidang pemerintahan dan pembangunan, serta loket 4 yang melayani surat masuk dan keluar.

Dirilis Pemerintah Kabupaten Sleman, pada Kamis (3/12/2015), Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Prambanan diluncurkan Penjabat Bupati Sleman, Gatot Saptadi.

“Pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada camat merupakan upaya untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan murah kepada masyarakat, sehingga penyelenggaraan pemerintah dapat berjalan lebih efektif dan efisien dengan birokrasi yang tidak berbelit,” ujar Gatot.

Ia menerangkan, Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah menyatakan, kecamatan dipimpin oleh Camat yang dalam pelaksanaan tugasnya memperoleh pelimpahan sebagian kewenangan bupati atau walikota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah.

Pada 2014, sambungnya, Pemerintah Kabupaten Sleman menetapkan Peraturan Bupati No. 13 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelimpahan Kewenangan Bupati Kepada Camat.

“Misi Pemerintah Kabupaten Sleman adalah meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, melalui peningkatkan kualitas birokrasi dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat,” tutur Gatot.

Penjabat Bupati menyampaikan perlunya kesiapan dan kemampuan pelaksana teknis di kecamatan agar pelaksanaan PATEN dapat berjalan baik, selain sarana prasarana dan penetapan regulasi.

“Agar pelaksanaan PATEN dapat berjalan sesuai dengan tata aturan yang ditetapkan, diperlukan koordinasi yang baik, baik dari semua pihak di tingkat kecamatan maupun koordinasi kecamatan ke kabupaten,” ucapnya

Selain itu, menurutnya, diperlukan pula pengawasan pelaksanaan PATEN. Camat yang merupakan pimpinan tertinggi di kecamatan memiliki tugas melakukan pengawasan agar pelaksanaan PATEN di kecamatan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai aturan yang berlaku.

Perizinan yang Dapat Diurus di Kecamatan

Camat Prambanan, Abu Bakar, mengatakan, kewenangan yang dilimpahkan kepada Camat meliputi pelimpahan kewenangan bidang perizinan dan non-perizinan yang dilimpahkan kepada 17 Kecamatan di Kabupaten Sleman.

Dalam SK Bupati Nomor 13/Kep.KDH/A/2015 tentang Pelimpahan Kewenangan Bupati kepada Camat, perizinan yang dapat diurus di tingkat kecamatan meliputi Surat Keterangan Tata Bangunan dan Lingkungan (SKTBL), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Gangguan, dan Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Launching ditandai pengguntingan buntal dan pembukaan tirai, dilanjutkan peninjauan proses pelayanan yang dilakukan di Kecamatan Prambanan.