Lomba Mewarnai Festival Pendidikan 2015, ‘Bunda, Ayo ke Museum’

Museum Pendidikan Indonesia (MPI). (Foto: Arif Giyanto)
Museum Pendidikan Indonesia (MPI). (Foto: Arif Giyanto)

Depok, JOGJADAILY ** Bagi Anda yang menantikan Festival Pendidikan 2015 pada 16-18 Desember 2015 dan memiliki anak, adik, atau saudara, ada lomba menarik yang layak diikuti, yakni Lomba Mewarnai Tingkat Taman Kanak-kanak (TK).

Lomba Mewarnai dilaksanakan pada Kamis (17/12/2015) di Museum Pendidikan Indonesia (MPI), pukul 08.00-11.00.

“Tema yang diangkat, yaitu ‘Bunda, Ayo ke Museum’. Melalui lomba ini diharapkan mampu menumbuhkan kreativitas anak-anak dan kesadaran akan arti penting museum sebagai destinasi wisata edukatif yang menyenangkan dan atraktif,” ujar Kepala Museum Pendidikan Indonesia (MPI), Sardiman AM, Selasa (8/12/2015).

Peserta hanya dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp12 ribu per anak. Murah, bukan? Panitia bahkan memberikan potongan khusus bagi pendaftar kolektif yang terdiri atas 10 anak.

Peserta lomba akan mendapatkan snack, kertas pola, dan pewarna. Sponsor kegiatan juga akan membagikan suvenir kepada peserta.

Untuk kenyamanan, setiap peserta diperkenankan membawa meja gambar masing-masing. Untuk melatih kemandirian, setiap peserta akan mengerjakannya tanpa dibantu orang lain.

Bagi yang berminat, pendaftaran telah dibuka sejak 20 November 2015 dan baru akan ditutup pada 14 Desember 2015.

Calon peserta bisa mendaftar secara individu maupun kolektif, dan jumlah peserta dari setiap sekolah tidak dibatasi.

Untuk info lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Wisnu Candrawati pada nomor telepon 081326993453 atau berkunjung ke teknologipendidikan.xyz.

Meriah dan Mencerdaskan

Selain mengekspose karya pelaku pendidikan, Festival Pendidikan 2015 akan dimeriahkan bermacam perlombaan. Selama festival, akan dilaksanakan berbagai lomba yang bisa diikuti oleh siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Lomba-lomba tersebut di antaranya adalah Lomba Mewarnai, Lomba Menggambar dengan Sabak , Lomba Pidato Bahasa Jawa, Lomba Dongeng Fabel, Lomba Fashion Show, Lomba Poster, Lomba Fotografi, dan Lomba Stand Up Comedy.

Festival Pendidikan 2015 digelar atas kerja sama MPI dan Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Festival bertema ‘Teknologi Pendidikan dan Museum sebagai Sarana Pembelajaran yang Menyenangkan’ tersebut akan dimeriahkan karnaval, pameran, dan berbagai lomba.

Acara berlokasi di MPI Kampus Pusat UNY, dimulai dengan Parade Hadroh, berlanjut Karnaval Pendidikan dengan rute MPI UNY-Jalan Affandi-Pasar Demangan-Jalan Urip Sumohardjo-Jalan Prof Yohannes-Jalan Colombo-Rektorat UNY-MPI UNY.

Tak hanya itu, selama berlangsungnya festival, diselenggarakan Pameran Pendidikan pukul 09.00-16.00. Pameran akan menampilkan prestasi karya siswa dan mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan, kebudayaan dalam 20 stand.