Zona Air 4D, Water Museum dan Edukasi Siklus Air Buah Inovasi Taman Pintar

Peluncuran Zona Air 4D Taman Pintar Yogyakarta. (Foto: Coki Anwar)
Peluncuran Zona Air 4D Taman Pintar Yogyakarta. (Foto: Coki Anwar)

Gondomanan, JOGJADAILY ** Ada yang baru dan inspiratif dari salah satu destinasi milik Kota Yogyakarta yang paling diminati wisatawan, Taman Pintar. Kini, pengunjung dapat menikmati Zona Air Empat Dimensi (4D).

Zona Air Taman Pintar memiliki konsep water museum. Anda dapat mengajak anak-anak untuk menikmati Teater 4D yang menyajikan perjalanan siklus air dengan cara menyenangkan.

Lokasi Zona Air untuk Kehidupan di lantai dua Gedung Kotak Taman Pintar itu bertampilan baru yang lebih interaktif, namun tetap memberikan edukasi pengelolaan air kepada pengunjung.

Ada enam peraga yang disediakan Zona Air Taman Pintar. Water Diorama menerangkan bahwa tidak semua air berasal dari lapisan yang sama.

Eksperimen Air dan Udara menjelaskan bahwa air dapat mengikuti gelombang suara. Kinect Water Sport bertutur mengenai petualangan bersama Kupa dan kawan-kawan. Cinema 4D merupakan perjalanan siklus air dalam Teater 4D.

Selanjutnya, Roket Air yaitu eksperimen dengan roket air dan fakta menarik tentang sifat air dan tekanan udara. Terakhir, Kalkulator Hidrasi mengenai kalkulasi air di dalam tubuh.

Pada permainan kalkulator hidrasi, anak-anak akan diajarkan fungsi air bagi kesehatan, pelestarian lingkungan melalui permainan kinect biopori, cara kerja roket air dengan tekanan udara, pengendali air, serta belajar mengenai jenis-jenis air dan sumbernya.

“Zona ini merupakan salah satu langkah untuk me-refresh atau memperbarui kembali wahana yang lama menjadi baru agar terdapat perubahan yang signifikan untuk dinikmati pengunjung,” ujar Kepala Kantor Pengelolaan Taman Pintar, Yunianto Duwisutono, Senin (18/1/2016).

Menurutnya, Taman Pintar berkerja sama dengan instansi lain, baik lembaga maupun universitas, setiap tahun, 3 sampai 5 kali.

“Kerja sama guna membuat perubahan, baik membuka zona baru maupun me-refresh zona lama menjadi baru lagi,” tuturnya.

Terus Kembangkan Teknologi

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, mengatakan, melalui zona yang ada di dalamnya, Taman Pintar akan terus mengembangkan teknologi dengan konsep yang menyenangkan dan mendidik.

Ia sangat mendukung upaya pembaruan dan peningkatan tersebut.

“Senantiasa memberikan pengetahuan kepada anak-anak dengan cara menarik dan menyenangkan, sehingga pesan-pesan yang ingin disampaikan mampu ditangkap dan diserap dengan baik,” pungkasnya.