Rumah Sakit Tipe D Pratama Yogyakarta, Layanan Setara VIP untuk Golongan Pra-Sejahtera

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat Peresmian RS Pratama. (Foto: Humas Kota Yogyakarta/Hanang W)
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat Peresmian RS Pratama. (Foto: Humas Kota Yogyakarta/Hanang W)

Mergangsan, JOGJADAILY ** Kamis (2/6/2016), Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti meresmikan Rumah Sakit Tipe D Pratama Yogyakarta yang beralamat di Jalan Kolonel Sugiyono 98. Beroperasinya Rumah Sakit tersebut menjadi kado istimewa dari Pemerintah Kota Yogyakarta kepada warga Kota Yogyakarta.

“Dengan tersedianya pelayanan kesehatan Tipe D, pengguna jaminan kesehatan pemerintah akan lebih mudah mengakses pelayanan kesehatan. Rumah Sakit Pratama akan menjadi penghubung antara Puskesmas dengan Rumah Sakit Jogja dalam program pelayanan kesehatan, khususnya pengguna Jaminan Kesehatan Nasional,” ujar Haryadi, dirilis Humas Pemkot Yogyakarta.

Rumah Sakit Tipe D Pratama Yogyakarta resmi membuka pelayanan untuk pasien, baik rawat jalan maupun rawat inap, dengan sejumlah fasilitas pendukung yang lengkap dan berkualitas. Walikota berharap, keberadaan Rumah Sakit Pratama dapat semakin meningkatkan pelayanan kesehatan di Kota Yogyakarta.

“Keberadaan Rumah Sakit Pratama difungsikan untuk mendukung tingginya permintaan pelayanan kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat, terlebih lagi sejak pemberlakuan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan,” jelas Walikota.

Menurutnya, Rumah Sakit Pratama ini mempunyai peran, fungsi, dan tugas pelayanan kesehatan pada golongan pra-sejahtera. Dengan beroperasinya Rumah Sakit Pratama, penanganan kesehatan bagi masyarakat yang bermutu, berkeadilan dan merata, akan mampu mempercepat peningkatan derajat kesehatan.

“Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi Rumah Sakit Pratama untuk mampu melayani dengan kualitas pelayanan yang memuaskan. Oleh karena itu, segenap unsur Pimpinan, Manajemen, dan Staf Rumah Sakit baik medis maupun non-medis harus mampu mewujudkan misi pelayanan yang manusiawi,” tandasnya.

Ia menambahkan, tugas tersebut tidaklah ringan. Oleh karena itu, perlu adanya komitmen semua pihak, baik internal dari semua jajaran Rumah Sakit Pratama, maupun eksternal dari stakeholders maupun pihak-pihak terkait.

Setara Layanan VIP

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Pratama, Fetty Fathiya, menerangkan, walaupun Rumah Sakit yang dikelolanya adalah RS bertipe D, namun pelayanannya, setara dengan layanan VIP.

Rumah sakit Pratama menempati lahan seluas 3.775 meter persegi dengan luas bangunan 8.900 meter persegi dan memiliki 45 tempat tidur dari total 80 tempat tidur yang direncanakan.

“Layanan kesehatan yang dimiliki RS Pratama Yogyakarta di antaranya adalah klinik gigi, klinik anak, klinik penyakit dalam, pelayanan klinik umum, unit gawat darurat, serta klinik kandungan dan kebidanan,” pungkasnya.