KPU Yogyakarta Gandeng Elemen Masyarakat Sukseskan Pilkada 2017

Komisioner KPU Yogyakarta, Sri Surani. (Foto: Simpul Oktavianto)
Komisioner KPU Yogyakarta, Sri Surani. (Foto: Simpul Oktavianto)

Ngampilan, JOGJADAILY ** KPU DIY mengapresiasi langkah yang ditempuh oleh KPU Yogyakarta dengan menggandeng elemen masyarakat yang ada di Yogyakarta untuk bersama-sama mencari format pelaksanaan Pilkada yang benar-benar cocok di Yogyakarta, sehingga pelaksanaannya bisa sukses.

“Baru sedikit KPU Kota atau Kabupaten yang melibatkan masyarakat dalam rangka bersama-sama menggodok format pelaksanaan Pilkada, seperti apa yang tepat untuk diterapkan di wilayahnya,” kata Komisioner KPU DIY, Farid Bambang, saat membuka acara seminar di Hotel Cavinton, Yogyakarta, Selasa (19/7/2016) pagi.

Seminar bertema ‘Gumregah Menuju Pesta Demokrasi yang Akuntabel, Transparansi dan berintegrasi’ dilaksanakan oleh KPU Yogyakarta dengan mengundang para stakeholder Pilkada serta LSM yang ada di Yogyakarta.

Menurut Farid, KPU DIY sepakat dengan tema kegiatan yang berbasis pada nilai-nilai budaya lokal. Dengan adanya pedoman dan penghormatan pada nilai-nilai lokal maka pelaksanaan Pilkada di Yogyakarta tahun 2017 dapat terlaksana tepat waktu serta sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan.

Sementara itu, Ketua KPU Yogyakarta, Wawan Budiyanto, mengatakan, antara lain bahwa kegiatan seminar dilaksanakan dalam rangka menyosialisasikan informasi mengenai jadwal, tahapan, dan waktu pelaksanaan tahapan Pilkada Yogyakarta tahun 2017 kepada masyarakat, dan juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, sehingga dapat meningkat dibanding sebelumnya.

“Kami harapkan semua elemen masyarakat dapat berkontribusi secara aktif dalam mengawasi dan menyukseskan jadwal, tahapan, dan waktu pelaksanaan Pilkada Yogyakarta 2017,” kata Wawan ketika ditemui di lokasi acara.

Acara menghadirkan beberapa pembicara, yaitu Wawan Budiyanto selaku Ketua KPU Yogyakarta, Oce Madril dari Pukat FH UGM, Desi Rahmawati dari UGM, dan Joni Yuliyanto dari Sigab.

Pelantikan Panitia Ad Hoc Pilkada Yogyakarta 2017

Sebagai bagian dari pelaksanaan tahapan Pilkada Yogyakarta 2017, KPU Yogyakarta melantik Panitia Ad Hoc di tingkat kecamatan dan kelurahan yang telah terpilih beberapa waktu lalu.

“Pelantikan dilaksanakan Rabu (20/7/2016), bertempat di pelataran Monumen Serangan Umum 1 Maret, Kawasan Titik Nol Kilometer, Yogyakarta,” ujar Komisioner KPU Yogyakarta, Sri Surani, yang akrab dipanggil Rani itu.

Ditambahkan oleh Rani, untuk jumlah PPK yang dilantik sebanyak 70 orang dan PPS sebanyak 135 orang.

Para anggota PPK dan PPS terpilih tersebut sebelumnya telah melewati tahapan seleksi yang cukup panjang, di antaranya tes administrasi, tes tertulis, dan tes wawancara.