Bupati Sleman: PKK Harus Sejalan Program Pemerintah untuk Menekan Angka Kemiskinan

(sumber: web Pemda Sleman)

Sleman, JOGJADAILY.COM ** Dalam memperingati Hari Kesatuann Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-45, Bupati Sleman Sri Purnomo mengingatkan pentingnya peran PKK dalam menyukseskan program-program pemerintah setempat.

“Harus ada kerjasama yang baik antara PKK dengan Dinas Pemerintah dengan ikut menyukseskan program-program yang akan dilaksanakan seperti pendidikan, kesehatan dan juga pemberdayaan masyarakat, tanpa ada kerjasama yang baik tidak akan maksimal dalam menyukseskan suatu program,” jelas Purnomo dikutip dari situs web Pemkab Sleman.

Lanjutnya cara yang digelar di rumah dinas bupati pada hari Senin (20/3/2017) ini PKK seharusnya juga mampu mengurangi angka kemiskinan.


Hal yang hampir senada juga disampaikan oleh Ketua Umum PKK Pusat Erni Gunarti Tjahjo Kumolo yang dibacakan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Sleman Kustini Sri Purnomo dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan program-program PKK harus bisa mengurangi program yang bersifat seremonial tetapi juga perlu mengimbangi prinsip kebijakan Pemerintah dalam pelaksanaan program-programnya. Peringatan HKG PKK tahun ini mengambil tema


“Akselerasi atau percepatan program harus didasarkan pada kenyataan, selama ini PKK telah melaksanakan 10 Program Pokok PKK secara normatif, bahkan cenderung merupakan rutinitas, untuk itu agar tidak terbelenggu pada rutinitas program sehingga senantiasa tidak pernah beranjak progresnya dengan cara selalu berinovasi mengembangkan kreatifitas program sesuai dengan potensi dan kebutuhan masing-masing daerah,” jelas Erni.


Lebih lanjut Erni juga mengharapkan agar Bupati Sleman selaku Ketua Pembina Tim Penggerak PKK di daerah berkenan untuk memberikan dukungan dan fasilitas terhadap program-program Tim Penggerak PKK, sehingga Gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya ikut meningkatkan taraf hidup dan kehidupan keluarga-keluarga menuju masyarakat yang maju, dan sejahtera guna mewujudkan hari esok yang lebih baik.