Sukses Menjadi Wirausaha Muda, Andika Kairuliawan Mengajak Kaum Muda Berani Bermimpi

Andika Kairuliawan (Foto:Hanang Widiandhika)

Di usianya yang masih relatif muda Andika Kairuliawan pemilik bengkel modifikasi motor Balu Oto Work Yogyakarta ini sukses menjadi pengusaha bengkel modifikasi motor. Lewat tangan dinginnya, ia berhasil menciptakan bengkel modifikasi beromzet Rp 100 juta tiap bulan yang telah dikenal hingga manca negara.

Meski memiliki gelar sarjana Teknik Informatika dari Universitas Teknik Yogyakarta (UTY), Pria 27 tahun ini nyatanya lebih tertarik pada bidang kewirausahaan dengan menekuni hobinya yaitu perbengkelan yang notabene sangat kontras dengan gelarnya itu.

Bengkel milik Andika yang terletak di Jalan Pramuka Yogyakarta tersebut mungkin sudah tak asing bagi bikers yang menginginkan motornya berbeda dengan yang lain.

Selain menciptakan aksesori sepeda motor yang unik seperti head lamp berbentuk transformer, Balu Oto Work juga siap menyulap total sepeda motor riders sesuai keinginan.

Ia menceritakan, perjalanannya membesarkan bengkelnya tidaklah mudah. Terlebih ia berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi pas-pasan. Niatnya membuat bengkel ini lantaran hasil modifikasi motornya di tempat lain tak sesuai keinginan.

Bermula dari sana, Ia mendirikan Balu Oto Work pada tahun 2011 yang awalnya bertempat di halaman rumah almarhum kakeknya.

Awalnya pemasaran ia lakukan secara online lewat situs Kaskus. Harganya pun bervariasi mulai dari 300 ribu, 400 ribu, sampai 600 ribu rupiah tergantung model yang diminta. Tak disangka, peminatnya cukup banyak. Tak hanya dari Yogyakarta, bahkan dari luar kota telah menjadi pelanggan setia bengkel yang didirikannya.

Mengetahui hal tersebut makin memacu semangatnya dalam mengembangkan bisnisnya, jumlah karyawan ia tambah agar bisa menyelesaikan semua orderan tepat pada waktunya. Sementara untuk modifikasi motorpun tak kalah suksesnya, setiap bulan rata-rata 10 pengguna motor gede mempercayakan Andika untuk memodifikasi. Tarifnya pun relatif, antara 7 juta hingga 9 juta rupiah.

Bengkelnya semakin banyak dikenal setelah ia mengikuti sejumlah pameran otomotif. Salah satu pameran besar yang ia ikuti adalah saat event “International Auto Parts, Accessories, and Equip Exhibition (INAPA) yang digelar” di JIEXPO Kemayoran Jakarta

Untuk membuktikan bahwa kepuasan pelanggan jadi nomor satu baginya, Andika memberikan jaminan produk. “Kalau ada keretakan sedikit pun, apalagi ketika dipasang, saya akan ganti tanpa tambahan biaya,” ujarnya Ayah satu anak ini.

Sukses yang dicapai oleh Andika terus berlanjut. Tahun 2016 lalu, Ia membuka membuka 26 dealer di beberapa daerah Indonesia dan 5 dealer yang akan dibuka di India dan Filipina.

Sukses besar yang diraih Andika di usia muda ini membuatnya sering kali mendapat penghargaan, seperti juara pertama dalam kompetisi “Inovasi Bisnis Pemuda” yang diadakan oleh Kemenpora ditahun 2011, pemenang utama Pemuda Pelopor Kota Yogya pada 2014, serta juara utama diajang “Wirausaha Muda Mandiri tahun 2016” tingkat Jawa Tengah dan DIY setahun berselang.