Komunitas Fortuner Berikan Bantuan Kepada Para Korban Gempa Lombok

 

Pelepasan rombongan touring Toyota Fortuner Club of Indonesia Chapter Jogja-Jawa Tengah menuju Lombok di halaman Balai Kota Yogyakarta. (Hanang Widiandhika)

BALAI KOTA, Yogyakarta—  Bantuan sosial terus mengalir untuk korban gempa lombok. Kali ini bantuan datang dari Komunitas Toyota Fortuner Club of Indonesia Chapter Jogja-Jawa Tengah yang melangsungkan pelepasan rombongan touring menuju Lombok di halaman Balai Kota Pemerintahan Kota Yogyakarta, Selasa (30/10/2018).

Pelepasan bakti sosial ini dihadiri oleh Kasadpolpp, Kepala Dinas Pariwisata, dan Kepala Dinas Kominfosan.

Ketua Toyota Fortuner Club of Indonesia chapter Jogja-Jawa Tengah, Tri Wibowo menjelaskan bahwa kegiatan ini akan difokuskan di dua wilayah, yaitu wilayah Semulur dan Pesugihan.

“Untuk kegiatan ini kita membawa beberapa barang yang dikumpulkan oleh rekan-rekan fortuner (Komunitas Toyota Fortuner Club of Indonesia) yakni berbagai macam barang meliputi buku, meja belajar, dan alat perlengkapan sholat. Disana kita juga melakukan kegiatan sebagai relawan dan memberikan material bangunan,” jelas Tri Wibowo.

Salah satu peserta, Ari Yunanto mengungkapkan bahwa kegiatan bantuan sosial di Lombok ini adalah kegiatan yang kedua.

“Dari Klub pernah memberikan bantuan yang pertama pada bulan September berupa bahan pokok makanan. Kemudian bantuan ini ditindak lanjuti oleh teman-teman wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah berupa bantuan fisik,” ujarnya.

Touring Dengan Kegiatan Positif

Touring bakti sosial didukung dan disambut baik oleh Pemerintahan Kota Yogyakarta. Mewakili Walikota Yogyakarta, Kepala SatPol PP Kota Yogyakarta Nurwidi Hartana menyampaikan bahwa kegiatan tersebut memiliki berbagai makna positif, antara lain sebagai ajang penyaluran minat bakat dan kreativitas para otomania, sekaligus berolahraga dan berwisata maupun menumbuhkan jiwa sosial.

“Kegemaran dalam hal otomotif tentu saja tidak hanya untuk kepuasan diri pribadi atau kelompok, namun hendaknya kegemaran ini perlu kita aktualisasikan secara positif, salah satunya dengan kegiatan Bakti Sosial guna meringankan beban penderitaan masyarakat Lombok akibat gempa beberapa waktu silam,” terang Nurwidi.

Diharapkan dengan adanya baksos dapat melatih sikap disiplin, sportif, dan kebersamaan yang dapat menumbuhkan sikap saling menghargai antar sesama. Menumbuhkan semangat saling membantu, semangat kebersamaan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

“Hal tersebut sangat penting untuk dimiliki setiap komunitas otomotif sebagi ajang pembuktian bahwa komunitas otomotif senantiasa dipenuhi dengan kegiatan positif, aktifitas sosial yang membangun, serta jalinan keakraban dengan masyarakat sekitar,” tambah Nurwidi.

Kegiatan baksos nantinya akan ini diikuti kurang lebih 15 kendaraan yang juga berasal dari daerah lain, yakni Solo, Surabaya, Bali, dan Lombok.