Desa Sumberagung Moyudan, Optimis Menjadi Sentra Industri Anyaman Bambu yang Berkembang Pesat

Pengukuhan Sentra Industri Anyaman Bambu Desa Sumberagung, Moyudan, Sleman, Selasa (30/10/2018). (Pemkab Sleman)

MOYUDAN, Sleman  —  Pemerintah Kabupaten Sleman mempunyai komitmen dalam mendorong pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM). Salah satunya, sentra industri anyaman bambu.

Harapan Pemerintah Kabupaten Sleman, sentra industri anyaman bambu dapat terus berinovasi sehingga dapat bersaing di pasar lokal hingga internasional. Sentra industri tersebut ke depannya dapat berkembang pesat tidak hanya menjadi desa pengrajin akan tetapi menjadi desa wisata dan kuliner

Musta’in Aminun hadir mengukuhkan Desa Sumberagung, Moyudan, sebagai sentra industri anyaman Bambu, bertempat di  Pendopo Joglo Desa Sumberagung, Moyudan, Sleman, Selasa (30/10/2018).

Dengan pengukuhan Desa Sumberagung Moyudan dapat menjadikan desa mandiri yang mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi IKM. Industri Anyaman bambu menjadi peluang ekonomi yang selalu meningkat setiap tahunnya. Anyaman bambu dapat digunakan sebagai wadah makanan.

Anyaman bambu dapat dipromosikan melalui jejaring media, dengan pemanfaatan media promosi online dan melakukan perluasan pasar dalam maupun luar negeri.

Fasilitas Program IKM

Sementara itu, Kepala Bidang Perindustrian Disperindag Kabupaten Sleman Dwi Wulandari mengatakan guna mendukung sentra industri tersebut pihaknya akan mengadakan pelatihan dan pendampingan serta upaya regenerasi tenaga kerja.

Permintaan besek di sentra industri anyaman bambu tidak pernah berkurang walaupun banyak kemasan yang lebih menarik khususnya untuk kemasan makanan tradisional.

“Maka daripada itu, Pemkab Sleman melalui Disperindag Kabupaten Sleman akan terus berupaya memfasilitasi program-program guna pengembangan potensi IKM, di antaranya, pengembangan kewirausahaan, bimbingan teknis dan manajemen usaha,” kata Dwi.

Dalam program pengembangan sentra industri tersebut, Disperindag Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY masalah permodalan, dan BPJS terkait dengan masalah perlindungan ketenagakerjaan.

Add Comment