E-LAPOR DIY Terima Penghargaan Tingkat Nasional

 E-LAPOR DIY  meraih penghargaan yang di serahkan oleh Menteri PANRB Drs. Syafruddin, M.Si kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Ir. Rony Primantohari, MT di Jakarta, Sabtu (10/11/2018). (Foto: Humas DIY)

KEPATIHAN, Yogyakarata – E-LAPOR DIY, sebuah aplikasi pengaduan publik yang dikembangkan oleh Pemda DIY dianugerahi Penghargaan Tingkat Nasional oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Menteri PANRB Drs. Syafruddin, M.Si. dan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Ir. Rony Primantohari, MT mewakili Gubernur DIY di Jakarta pada Sabtu  (10/11/2018) di Jakarta.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 640 tahun 2018 tentang Penetapan Top 10 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik tahun 2018, Pemda DIY menjadi salah satu dari 10 instansi terbaik (Top 10) pengelola pengaduan pelayanan publik tahun 2018.

Sebelum mendapatkan penghargaan, seluruh instansi pengelola Sistem Pengaduan Pelayanan Pubik Nasional – Layanan Pengaduan Online Rakyat (SP4N – LAPOR) di Indonesia diseleksi menjadi 25 instansi. Berikutnya, 25 instansi tersebut melalui tahapan presentasi dan wawancara oleh Tim Evaluasi yang dipimpin oleh Azwar Abubakar pekan lalu, kemudian diputuskan Top 10 instansi terbaik.

Menteri PANRB Drs. Syafruddin, M.Si. mengatakan IPS Forum merupakan etalase bagi manifestasi pelayanan publik yang bisa direplikasi oleh semua kalangan. Menteri PAN RB menuturkan.

“Penghargaan yang diberikan adalah hasil kerja keras bersama. Namun demikian tidak boleh berpuas diri, perbaikan harus dilakukan dan kolaborasi dengan masyarakat.” katanya.

Jangan berhenti berinovasi

Menurutnya pelayanan publik adalah siklus yang dinamis. “Jangan khawatir untuk mencontoh hal yang baik jika itu adalah yang terbaik untuk masyarakat. jangan berhenti berinovasi, karena inovasi adalah kunci untuk mendorong keterbukaan dan perbaikan pelayanan publik.”, Ujarnya

Sementara itu, Deputi Pelayanan Publik Kemenetrian PANRB Dr. Diah Natalisa mengatakan bahwa selama dua hari diselenggaraan, IPS Forum telah dihadiri lebih dari 7.000 orang.

“Berikutnya menyangkut layanan aduan publik, layanan aduan publik perlu terus dioptimalkan dengan kolaborasi bersama masyarakat dan berbagai stakeholders.” Ungkapnya

Dijumpai usai menerima penghargaan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, Ir. Rony Primantohari,  menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PANRB yang telah memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan oleh Pemda DIY.

Ia berharap semoga penghargaan tersebut semakin memotivasi Pemda DIY dalam memberikan pelayanan-pelayanan terbaik kepada masyarakat.