Festival Grebeg Pasar 2018, Lestarikan Pasar Tradisional Bantul

Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Drs. Suwito melakukan pemotongan pita tanda dimulainya Festival Grebeg Pasar, Rabu (14/11). (Foto : Diskominfo Bantul)

GABUSAN, Sewon – Dalam rangka mempertahankan keberadaan pasar rakyat di Kabupaten Bantul, Dinas Perdagangan Bantul menggelar Gerebeg Pasar 2018, seremonial potong pita oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Drs. Suwito didampingi oleh Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas Kebudayaan, Muspika Kecamatan Sewon. Rabu (14/11).

Kepala Dinas Perdagangan Bantul Ir. Subiyanto Hadi, MM, mengatakan acara Grebeg Pasar tersebut diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 14 November hingga 15 November 2018 di komplek Pasar Seni Gabusan.

Dalam festival tersebut juga dimeriahkan oleh berbagai kegiatan seperti bazar produk unggulan dari 28 pasar di Kabupaten Bantul, Lomba Mewarnai Tingkat TK, Lomba Memasak Ibu-ibu PKK, dan beberapa hiburan seperti Elektone, Reog dan pada puncaknya pada hari Kamis malam  digelar Pentas Wayang Kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Seno Nugroho di Imogiri.

Sementara itu mewakili Bupati Bantul, Staf Ahli Bupati, Drs. Suwito, mengatakan kegiatan Grebeg Pasar tersebut merupakan upaya nyata pelestarian eksistensi pasar tradisional dari gempuran pasar atau toko modern yang demikian massif.

“Pemerintah beserta pedagang pasar tradisional perlu melakukan inovasi agar gaung pasar tradisional terus ada, ditengah gempuran pasar modern, ” katanya.

Pasar Tradisional Harus Dijaga Eksistensinya

Pada kesempatan tersebut Ia berpesan agar masyarakat Bantul memiliki rasa handarbeni  terhadap pasar tradisional yang berada di sekitar kita.

“Marilah kita kelola pasar-pasar khususnya pasar tradisional yang ada di Kabupaten Bantul dengan sebaik-baiknya, jadikanlah pasar selayaknya rumah kita yang harus kita jaga dan kita rawat, ” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, juga dibagikan piala dan sejumlah uang pembinaan kepada pasar terbersih kategori I, II, dan III. Serta pembagian 450 Timbangan Pegas Elektronik dari Badan Metrologi kepada pengurus pasar di Kabupaten Bantul.