Heroe Poerwadi Tekankan Pentingnya Arsip

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi tekankan pentingnya arsip saat membuka Forum Komunikasi Arsiparis (FKA) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, pada Kamis (29/11/2018). (Hanang Widiandhika)

NGAMPILAN, Yogyakarta – Pentingnya kesadaran tentang Arsip sebagai aset negara perlu ditingkatkan, untuk menunjang proses  administratif dan manajemen birokrasi maupun dasar dalam pengambilan keputusan pemerintahan.

Salah satu sumber informasi penting yang dapat menunjang proses kegiatan administrasi maupun birokrasi adalah arsip (record). Oleh karena itu pentingnya Arsip ini digelar Forum Komunikasi Arsiparis (FKA) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, pada Kamis (29/11/2018).

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan, pentingnya penyimpanan data dari kearsipan mampu memberikan manfaat yang konkrit bagi Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Kearsipan ini sangat penting karena sangat penting itulah maka Pemerintah Kota pusat, putuskan pengelolaan arsip salah satu urusan wajib yang harus dilakukan Pemerintah Daerah dimanapun berada” katanya.

Berdasarkan fungsi arsip yang sangat penting tersebut maka  harus ada menajeman atau pengelolaan arsip  yang baik sejak penciptaan  sampai dengan penyusutan.

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan forum resmi dimana 153 pengelola Arsip ikut dalam pendataan kearsipan di setiap OPD masing-masing.

“Ini adalah organisasi profesi dan forum resmi untuk mengembangkan pengetahuan  kearsipan yang dimiliki anggota kami yaitu sekitar 153 pengelola arsip di Kota Yogyakarta”ungkapnya.

Karena keterbatasan tempat, setiap bulannya diadakan FKA dan giliran Kearsipan dari Puskesmas se-Kota Yogyakarta yang ikut dalam kegiatan ini. Acara ini mengulas  tentang Sosialisasi Penyusutan Arsip di Kota Yogyakarta.

Tingkatkan profesionalitas

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, pihaknya mendukung FKA dengan tujuan untuk peningkatan kearsipan.

“Saya sangat mendukung adanya FKA yang menghimpun diri dalam suatu wadah yang tujuannya untuk  meningkatkan profesionalisme di bidang kearsipan, mengabdikan pemikiran dan tenaga kepada masyarakat serta meningkatkan sikap dan prilaku profesionalisme arsiparis” ungkapnya.

Heroe berharap melalui FKA ini semua OPD Kearsipan yang ada di Yogyakarta menambah peningkatan dan saling bekerjasama untuk melancarkan kegiatan kearsip.

“Saya berharap melalui wadah ini semua anggota Forum Komunikasi Arsiparis untuk saling mendukung dan bekerja sama bahu membahu dalam pelaksanaan kegiatan organisasi sehingga tujuan untuk meningkatkan profesionalisme bisa terwujud” ujarnya.