Kejurnas Taekwondo Black Tiger Indonesia 2018 Perebutkan Trofi Bergilir Gubernur AAU

Konferensi pers Kejurnas Taekwondo Black Tiger Indonesia 2018 di Gedung Sabang Merauke AAU, Sabtu siang (10/11/2018). (Jogjadaily.com/Aziz Abdillah)

AAU, Maguwoharjo — Ada yang menarik dari Kejuaraan Nasional Taekwondo Black Tiger Indonesia (BTI) Tahun 2018 yang akan digelar di GOR Teleng Krida Akademi Angkatan Udara (AAU) pada 13-16 Desember 2018. Untuk kali pertama, trofi bergilir Gubernur AAU bakal diperebutkan dalam event yang menargetkan 1.600 peserta dari berbagai daerah itu.

Ketua Panitia, Kolonel Lek. Beny Zurianto, menjelaskan persiapan kejuaraan tersebut dalam konferensi pers yang berlangsung di Gedung Sabang Merauke AAU, Sabtu siang (10/11/2018).

“AAU memiliki fasilitas yang dapat dipergunakan untuk pertandingan taekwondo atau pun lainnya. Ada kolam renang untuk umum dan lapangan voli yang bisa juga dipergunakan untuk Proliga. Saat kejuaraan nantinya, selama tiga hari akan dibuka open gate untuk umum dan diarahkan langsung ke venue,” ujarnya.

Kejuaraan ini, sambungnya, diselenggarakan dalam rangka Peringatan Integrasi Taruna AKABRI 1965 yang mengangkat tema ‘Dengan Sportivitas, Berkompetisi Meraih Prestasi Terbaik’.

“Berkompetisi untuk meraih prestasi yang terbaik harus didasari oleh semangat dan sportivitas yang tinggi, menumbuhkan persaudaraan, dan membangun karakter tangguh seorang Taekwondoin,” tandas Beny.

Kejurnas menggelar nomor kyorugi maupun poomsae individual putra dan putri, mulai dari Pra Kadet-A dengan usia 8-9 tahun, Pra Kadet-B dengan usia 10-11 tahun, Kadet dengan 12-13 tahun, Junior dengan 14-16 tahun, hingga Senior dengan usia minimal 17 tahun.

Memperebutkan total hadiah uang pembinaan sebesar Rp50 juta, kegiatan ini diadakan dengan tujuan menumbuhkan, mengembangkan, dan meningkatkan minat serta prestasi olahraga taekwondo di Indonesia. Selain itu, menggairahkan bibit-bibit muda dalam berkompetisi meraih prestasi, dan mendapatkan atlet taekwondoin yang berkualitas.

“Berbeda dengan kejuaraan lainnya, di ajang ini tidak hanya memberikan apresiasi kepada para juara di nomor kyorugi, namun juga para peraih medali emas nomor poomsae. Juga terdapat doorprize menarik berupa satu unit sepeda motor,” kata Ketua Panitia.

Registrasi Online

Para peserta dapat melakukan pendaftaran secara online melalui laman www.blacktigerindonesia.com dan email [email protected] Laman ini dapat diakses hingga 14 November 2018. Pendaftaran bisa ditutup sebelum batas waktu pendaftaran, apabila kuota peserta telah terpenuhi.

Dari target 1.600 peserta, hingga saat ini, telah mendaftar 1.200 orang dan telah terverifikasi sejumlah 735 peserta. Bagi peserta dari luar daerah, panitia memfasilitasi akomodasi maupun penginapan, sesuai kebutuhan.

Event ini diharapkan bisa terselenggara setiap dua tahun sekali. Acara pembukaan akan berlangsung pada 13 Desember 2018 di GOR Teleng Krida III.