Kota Yogyakarta Raih Anugrah Pesona Indonesia 2018

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi usai menerima penghargaan API 2018 di Grand Sahid Jaya, Kamis (22/11/2018). (Hanang Widiandhika)

BALAIKOTA, Umbulharjo – Usaha Kota Yogya untuk menggenjot sektor pariwisata membuahkan hasil yang membanggakan, pasalnya salah satu festival dibidang pariwisata yang ada di Kota Yogya yakni Dragon Festival di tetapkan oleh Ayo jalan jalan yang bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia sebagai Festival Pariwisata Terpopuler 2018 dalam ajang penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018.

Penghargaan tersebut serahkan langsung oleh Deputi bidang pengembangan pemasaran kementrian pariwisata RI, I Gede Pitana.

API sendiri adalah ajang pariwisata terpopuler Indonesia yang diadakan setiap tahun yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata RI. Kegiatannya dilakukan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada obyek dan tujuan wisata terpopuler di Indonesia.

Deputi bidang pengembangan pemasaran kementrian pariwisata RI, I Gede Pitana mengatakan dalam penyelenggaraannya, API memberikan dampak yang positif bagi pariwisata Indonesia serta turut berperan dalam mempromosikan destinasi yang ada di Indonesia, salah satunya melalui media internet.

Ia menilai penilaian yang dilakukan API cukup komperhensif, dengan melibatkan banyak stakeholder untuk memilih destinasi wisata mana yang menjadi nominasi sebelum di-vote.

“Prosesnya banyak melibatkan stakeholder. Dari pemerintah pusat, pemda, ahli pariwisata, jurnalis senior, dan masyarakat ” terangnya di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis malam (21/11/2018)

Hal senada dikatakan ketua panitia penyelenggara API, Hiro Kristianto, Ia menjelaskan jika teknis penilaian sendiri sebelum menjadi nominasi, berbagai daerah mengajukan potensinya sesuai dengan kategori yang ada. “Lalu kita kurasi oleh berbagai stakeholder” jelasnya

Ia berharap kepada seluruh daerah, dengan adanya anugerah API tersebut dapat semakin giat bersemangat dalam mengembangkan pariwisata di daerahnya.

Promosikan pariwisata daerah

Ditemui usai menerima penghargaan, Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menuturkan sebagai ajang pariwisata terpopuler di Indonesia, kegiatan API 2018 telah banyak membantu dalam memberitakan dan mempromosikan berbagai obyek dan tujuan wisata di Indonesia.

“Di samping itu, ajang ini juga telah menjelma menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pemerintah daerah dalam mengembangkan dan mempromosikan pariwisata daerahnya,” katanya

Di lain sisi, lanjutnya, API juga banyak berperan dalam memperkenalkan dan mengangkat banyak obyek dan tujuan wisata baru di Indonesia.

“Ini pula yang menjadi inspirasi dan motivator banyak daerah untuk lebih berani dan proaktif dalam mengembangkan dan mempromosikan pariwisata di daerahnya,” katanya

Ia menegaskan jika Pemkot Yogya akan terus berupaya untuk mempromosikan setiap destinasi yang ada di Kota Yogya, salah satunya dengan meningkatkan kerjasama yang erat antar pemangku kepentingan. “Dalam hal ini pemerintah, swasta, akademisi, media dan masyarakat sendiri,” tandasnya.

Terkait hasil yang diperoleh pada API 2018 yang menetapkan Dragon Festival sebagai Festival Pariwisata Terpopuler, langkah selanjutnya dari Pemkot Yogya adalah melakukan peningkatan pelayanan bagi wisatawan yang berkunjung di Kota Yogya.

“Semuanya itu akan bermuara pada peningkatan kunjungan kembali wisatawan, karena wisatawan merasa puas dan ada kenangan indah yang membekas.” ungkapnya.

Ia berharap dengan diperolehnya penghargaan tersebut menjadi pemacu dalam menyelenggarakan pembangunan pariwisata di Kota Yogya mejadi semakin baik.

“Pencapaian ini mesti dijadikan bahan evaluasi untuk melakukan perbaikan disemua aspek. Sehingga keberadaan objek wisata Kota Yogya kedepan jauh semakin baik. Jangan pernah berpuas diri, tetapi jadi pelecut semangat menata diri.” ungkapnya.