Kulon Progo Sabet 2 Penghargaan

Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo Dra. Niken Probolaras, SSos, MH, usai menerima penghargaan Anugrah Pesona Indonesia (API) 2018 di Jakarta, Jumat (23/11/2018). (Foto: Humas Kulon Progo)

WATES, Kulon Progo – Pada Puncak penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 yang diselenggarakan di Jakarta, Kabupaten Kulon Progo mendapatkan dua penghargaan sekaligus dari Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Dua penghargaan tersebut jatuh pada Tari Angguk yang ditetapkan sebagai atraksi budaya terpopuler, dan Nglinggo sebagai Eko Wisata Terpopuler. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Deputi bidang pengembangan pemasaran kementrian pariwisata RI, I Gede Pitana.

API sendiri adalah ajang pariwisata terpopuler Indonesia yang diadakan setiap tahun yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata RI. Kegiatannya dilakukan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada obyek dan tujuan wisata terpopuler di Indonesia.

Deputi bidang pengembangan pemasaran kementrian pariwisata RI, I Gede Pitana mengatakan dalam penyelenggaraannya, API memberikan dampak yang positif bagi pariwisata Indonesia serta turut berperan dalam mempromosikan destinasi yang ada di Indonesia, salah satunya melalui media internet.

Ia menilai penilaian yang dilakukan API cukup komperhensif, dengan melibatkan banyak stakeholder untuk memilih destinasi wisata mana yang menjadi nominasi sebelum di-vote.

“Prosesnya banyak melibatkan stakeholder. Dari pemerintah pusat, pemda, ahli pariwisata, jurnalis senior, dan masyarakat ” terangnya.

Hal senada dikatakan ketua panitia penyelenggara API, Hiro Kristianto, Ia menjelaskan jika teknis penilaian sendiri sebelum menjadi nominasi, berbagai daerah mengajukan potensinya sesuai dengan kategori yang ada. “Lalu kita kurasi oleh berbagai stakeholder” jelasnya

Ia berharap kepada seluruh daerah, dengan adanya anugerah API tersebut dapat semakin giat bersemangat dalam mengembangkan pariwisata di daerahnya.

Bangkitkan geliat wisata daerah

Saat di temui di kantornya pada Jumat (23/11/2018), Wakil Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo menyampaikan apresiasi atas dukungan dan partisipasi masyarakat serta segenap pihak terkait yang telah bekerjasama sehingga menghantarkan Kulon Progo meraih penghargaan tersebut.

Ia menambahkan penganugerahan API ini merupakan rangkaian kegiatan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata.

“Anugrah ini sangat bermakna dan bermanfaat bagi Kulon Progo. Sebab, hal ini semakin menggairahkan industri pariwisata Kulon Progo yang memang terus digaungkan pemerintah daerah” tandasnya.