Pemkot Yogya Terus Berupaya Berantas Kemiskinan

Ketua TKPK Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat membuka Sosialisasi Pemaparan Hasil Kerja TKPK di Kecamatan Tegalrejo, Senin (27/11/2018). (Hanang Widiandhika)

TEGALREJO, Yogyakarta – Untuk menekan angka kemiskinan di Kota Yogyakarta, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) kembali menggandeng perusahaan – perusahaan untuk ikut serta mendukung program penanggulangan kemiskinan. Nantinya perusahaan-perusahaan tersebut akan ikut membantu melalui program corporate social responsibility atau CSR.

“Model ini sudah lama dilakukan sejak lama, tetapi kita tumbuhkan kembali,” kata Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat Sosialisasi Pemaparan Hasil Kerja TKPK di Kecamatan Tegalrejo, Senin (27/11/2018)

Program pengetasan kemiskinan

Terkait dengan pelibatan perusahaan, Ia menjelaskan bahwa dalam upaya pelibatan penanggulangan kemiskinan tidak hanya bergantung dari birokrasi pemerintah saja namun juga dengan stake holder terkait.

“Dalam penanggulangan kemiskinan tidak hanya tergantung dengan birokrasi namun juga dengan stake holder terkait. Sehingga akan bersama-sama dalam menyelesaikan kemiskinan,” katanya.

Untuk upaya pengetasan kemiskinan sendiri, Pemkot Yogya sudah melakukan banyak program, diantaranya adalah perbaikan infastruktur, penyediaan permodalan dan juga pengembangan kapasitas sumber daya manusia dengan menyasar beberapa daerah yang memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi.