Peringati Hari Pahlawan, Bupati Ajak Pemuda Peka Terhadap Permasalahan Sosial

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun saat sedang berziarah di Taman Makam Dr. Wahidin Soedirohusono, Sendangadi, Mlati, Sleman, Senin (12/11/2018). (Foto: Humas Sleman)

DENGGUNG, Sleman – Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, namun peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari

Inilah yang diungkapkan Bupati Sleman, Sri Purnomo saat menjadi inpektur upacara pada Peringatan Hari Pahlawan Ke-73, menurutnya hal tersebut penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah.

“Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia,” tuturnya di lapangan Pemda Sleman, Senin (12/11/18).

Ia menambahkan bahwa Hari Pahlawan Ke-73 Tahun 2018 yang bertemakan “Semangat Pahlawan Di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan.

“Oleh karena itu siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabadikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara” ujarnya.

Negeri ini butuh pemuda yang berkarakter

Dalam mengimplementasikan semangat kepahlawanan di era sekarang menurutnya negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial.

“Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan Negara lain khususnya ketika negeri ini memasuki era revolusi industri,” tambahnya.

Dalam Peringatan Hari Pahlawan Ke-73 2018, selain melakukan upacara yang diikuti ASN, TNI/Polri, dan siswa-siswi sekolah, para pejabat juga melakukan Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Dr. Wahidin Soedirohusono, Sendangadi, Mlati, Sleman. Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun. Acara kemudian diakhiri dengan prosesi tabur bunga di komplek pemakaman.