Ramaikan Sekaten, KPU DIY Buka Stan Selama Perayaan

KPU DIY turut meramaikan Sekaten dengan membuka stan yang berada di Alun-Alun Utara Kota Yogyakarta. (Hanang Widiandhika)

Selama Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) berlangsung, KPU DIY turut meramaikan Sekaten dengan membuka stan yang berada di Alun-Alun Utara Kota Yogyakarta.

Banyaknya masyarakat yang berkunjung ke Sekaten, tentu menjadi momentum bagi KPU DIY untuk melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada pengunjung dengan mendirikan stan KPU.

Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU DIY, Ahmad Shidqi menyampaikan, dengan adanya stan ini diharapkan bisa menjadi pusat informasi bagi masyarakat yang berkunjung ke Sekaten.

“Selain itu, mendekatkan KPU DIY dengan masyarakat umum melalui stan,” ujar Shidqi

Melalui stan yang ada di Sekaten, masyarakat bisa memperoleh bermacam-macam informasi, seperti bisa mengecek data pemilih dan lain-lain.

“Berbagai informasi tentang pemilu, tahapan pemilu, segala hal tentang pemilu bisa ditanyakan di stan itu. Petugas kami yang siap memberikan informasi-informasi penting tentang tahapan pemilu,” lanjut Shidqi.

Selain tujuan utamanya untuk memberikan sosialisasi, melalui stan KPU DIY diharapkan ada partisipasi dari masyarakat yang turut berkontribusi.

“Semakin banyak orang tersosialisasikan tentang tahapan pemilu dan berdampak partisipasi masyarakat terhadap pemilu,” katanya.

Sambutan Baik Dari Pengunjung

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang mampir di stan KPU DIY, salah satunya adalah Nimah Eka, Mahasiswi asal Kalimantan Timur.

Ia menyambut baik dengan dibukanya stan KPU selama PMPS 2018 berlangsung, Nimah mengungkapkan mahasiswa perantau kebanyakan memilih golongan putih (GolPut) daripada mengurus formulir A5 karena harus datang ke Kantor KPU.

“Yang datang ke Kantor KPU paling mahasiwa dari aktivis, mereka yang bukan ya lebih memilih golput,” ujarnya.

Menurutnya dengan adanya stan KPU DIY selama PMPS 2018 ini, masyarakat terutama para mahasiswa perantau dapat memperoleh informasi tentang bagaimana yang menggunakan hak pilihnya.

“Kami ingin aktif memilih, saya mampir ke stan KPU agar kami mendapatkan informasi dan kemudahan bagi agar bisa mencoblos,” kata Nimah.

Add Comment