Ribuan Warga Bantul Ikuti Jalan Sehat HKN ke-54


Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih melepas peserta jalan sehat dari titik star di lapangan Trirenggo Bantul, Minggu (18/11/2018). (Foto: Humas Bantul)

TRIRENGGO, Bantul – Ribuan warga Bantul ikuti Jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 dan Hari Diabetes Sedunia Tahun 2018. Tak kurang 6.000 peserta yang terdiri dari unsur Dinas Kesehatan baik dari Puskesmas maupun Dinas Kesehatan Kabupaten dan masyarakat umum tupah ruah dalam gelaran tersebut.

Jalan Sehat ini dilepas Wakil Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih dan didampingi Kepala OPD. Sebelum melepas jalan sehat tersebut, Wakil Bupati menyampaikan bahwa kesehatan menjadi sangat penting bagi kehidupan manusia masa kini.

Menurutnya kegiatan jalan sehat ini merupakan salah satu bentuk untuk turut memasyarakatkan perilaku hidup sehat bagi seluruh warga Bantul. Iapun mengajak warga Bantul untuk terus berolahraga karena dengan berolahraga maka akan menjadikan tubuh sehat.

“Saya sangat menyambut baik adanya kegiatan jalan sehat ini karena kegiatan ini dapat mensosialisasikan kepada masyarakat Bantul menjadikan Kabupaten Bantul sebagai Kota Sehat. Dengan berolahraga, maka kita akan sehat, apalagi olahraga yang murah meriah seperti jalan sehat ini” ujarnya di lapangan Trirenggo, Minggu (18/11/2018).

Pentingnya memahami pentunjuk kesehatan

Ia pun tak lupa menekankan pentingnya memahami dan mentaati petunjuk kesehatan masyarakat. “Kita semua perlu memahami cara hidup sehat dengan menjaga perilaku hidup sehat. Baik kesehatan bagi diri sendiri maupun terhadap lingkungan dan masyarakat”, ungkapnya.

Ia berharap agar kekompakan dan keguyupan warga tersebut dapat terus dijaga bahkan semakin ditingkatkan dalam semua hal kedepannya. Termasuk dalam bidang olahraga, sebab, lanjutnya, melalui jalan sehat semacam ini maka warga sekaligus dapat memperoleh kesehatan dan kebugaran jasmani.

“Kesehatan merupakan anugerah yang sangat mahal. Karena itu harus terus dijaga dengan melakukan  olahraga secara rutin  seperti mengikuti jalan sehat ini” paparnya.

Karena saat ini kita, lanjutnya, semakin disibukan dengan bekerja yang tidak kenal waktu dan bermacam kegiatan sosial yang menyita waktu pula.

”Bahkan hal tersebut mengakibatkan stres badan dan pikiran kita. Jalan sehat ini menjadi salah satu solusi untuk menyehatkan jiwa, raga dan juga merupakan upaya menjauhkan dari stres,” katanya.

Untuk itu saya mengajak, tambahnya, mulai saat ini mari kita berusaha dapat meluangkan waktu untuk berolah raga atau dengan jalan sehat agar badan kita selalu sehat jauh dari berbagai macam penyakit dan stres.

“Karena jika kita sudah jatuh sakit, maka segala aktifitas akan terganggu dan akan memakan biaya yang tidak sedikit untuk menyembuhkan penyakit” ujarnya.

Sementara itu, ketua panitya acara tersebut, Agus menyampaikan dalam rangka memperingatai Hari Kesehatan Nasional dan Hari Diabetes Dunia tahun ini, akan diadakan berbagai kegiatan, salah satunya jalan sehat yang dipusatkan di Lapangan Trirenggo ini.

Dalam kegiatan juga terdapat layanan gratis berupa cek tensi darah dan cek gula darah bagi peserta jalan sehat.

“Tak sampai disitu, kami juga menghadirkan artis jogja yang baru dugandrungi kawula muda yaitu band ‘Guyon Maton’ dengan vokalisnya Bagus” ungkapnya.