Sosialisasi Jogja Smart Province Terus Digencarkan

Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih didampingi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bantul Nugroho Eko Setyanto dan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo DIY Drs Bayu Februarino Putro saat membuka Workshop Sosialisasi Jogja Smart Province di Hotel Ros In Hotel, Sabtu (23/11/2018). (Foto: Humas Bantul)

SEWON, Bantul – Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih secara resmi membuka Workshop Sosialisasi Jogja Smart Province dengan tema “Kolaborasi Kewiliyahan Berbasis Teknologi Informasi Untuk Mendukung Penyelesaian Isu Strategis dan Membangun Potensi di DIY” yang berlangsung di Hotel Ros In Hotel, Sabtu (23/11/2018).

Tujuan acara sosialisasi ini adalah memperkenalkan konsep Masterplan Jogja Smart Province karena Jogja Smart Province sangat bergantung pada kolaborasi dan integrasi kabupaten kota dan berkewajiban untuk menggandeng kabupaten kota untuk bersama-sama memahami konsep ini dan kemudian menurunkannya ke operasionalisasi di masing-masing kabupaten.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo DIY Drs Bayu Februarino Putro menjelaskan bahwa Jogja Smart Province merupakan salah satu program strategis berdasarkan Visi Gubernur DIY 2017-2022 yang diwujudkan melalui visi pancamulia (Lima Kemuliaan).

Jogja Smart Province menurut Bayu adalah pendekatan yang dipilih Pemda DIY untuk membawa DIY pada tingkat yang lebih cerdas (smarter) dalam menghadapi berbagai isu melalui pemanfaatan TIK yang efektif dan efisien.

Bantul menjadi smart city

Sementara itu Wakil Bupati Bantul menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul mengucapkan terimakaskih kepada Dinas Kominfo DIY yang berinisiatif menggelar pertemuan ini dalam rangka mematangkan dan menyempurnakan Jogja Smart Province di DIY karena termasuk didalamnya “Bantul Smart City” yang tengah kita bangun di Kabupaten Bantul.

Ia berharap tidak hanya menjadi program pemerintah, melainkan menjadi perilaku seluruh pemangku kepentingan khususnya di Kabupaten Kabupaten Bantul. Jogja Smart Province merupakan jawaban kondisi saat ini, mengingat pemerintah daerah menjalankan semua potensi dan meminimalkan kendala-kendala yang akan terjadi.

“Kabupan Bantul tahun ini diikut sertakan menjadi salah satu 100 Kabupaten/Kota yang mempunyai program smart city di Kementerian Kominfo, ” tambah Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bantul Nugroho Eko Setyanto, S.Sos, MM.