Wapres Kunjungi Desa Wisata Puri Mataram

Wakil Presiden RI Yusuf Kalla didampingi Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubowono X dan Bupati Sleman, Sri purnomo saat mengunjungi Desa Wisata Puri Mataram yang ada di Dusun Drono Tridadi Sleman, pada Senin (26/11/2018). (Foto: Humas DIY)

TRIDADI, Sleman – Dalam rangkaian kunjungannya di Yogyakarta, Wakil Presiden RI Yusuf Kalla menyempatkan berkunjung ke Desa Wisata Puri Mataram yang ada di Dusun Drono Tridadi Sleman, pada Senin (26/11/2018). Desa wisata tersebut bantuan program dari Kementerian Desa RI sebagai salah satu percontohan obyek wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes).

Desa Wisata tersebut merupakan salah satu hasil pengembangan yang berasal dari program Kementerian Desa. Puri Mataram menjadi percontohan obyek wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Sesampainya dilokasi, Wapres yang didampingi Gubernur DIY dan Bupati Sleman langsung berkeliling di sejumlah spot dan area yang dibuka untuk umum. Usai berkeliling, Wapres, Gubernur DIY, dan Bupati Sleman sempat menuliskan kesan dan pesan untuk memberikan semangat kepada BUMdes pengelola desa wisata tersebut.

Desa Wisata Puri Mataram dengan luas kurang lebih 4.5 hektar tersebut merupakan wisata keluarga yang menawarkan pemandangan persawahan hijau, bangunan-bangunan joglo dan jembatan gantung dari bambu yang warnanya kontras dengan taman bunga celosia yang mengitari replika tugu jogja.

Percepat ekonomi desa

Direktur Bumdes Tridadi Makmur Raden Agus Kholik mengatakan dalam pertengahan desember mendatang akan ada penambahan wahana yang menampilkan ribuan kitiran atau baling-baling kecil untuk spot bagi pengunjung.

“Hal tersebut merupakan salah satu langkah percepatan ekonomi desa melalui Badan Usaha milik Desa.  Ia menjelaskan bahwa prioritas dana desa salah satunya yakni pemberdayaan masyarakat desa itu sendiri, dalam hal ini melalui pengelolaan BUMdes” katanya

Puri Mataram yang terletak Dusun Drono, Desa Tridadi, Kabupaten Sleman tersebut mayoritas dikelola oleh setempat. Puri mataram dibuka gratis untuk umum mulai pukul  08.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Untuk menikmati beberapa wahana didalamnya pengunjung cukup membayar 10 ribu rupiah.

 

Add Comment