Gunungkidul Agro Technopark

Panen perdana Gunungkidul Agro Technopark (GAT) yang ada di Padukuhan Sumber Mulyo, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Senin (3/12/2018). (Foto: Humas Gunungkidul)

WONOSARI, Gunungkidul – Gunungkidul Agro Technopark (GAT) melakukan panen perdana. GAT merupakan kebun buah dan sayuran sistem hidroponik yang disertai peternakan sapi dan budidaya lele.

GAT yang dibangun di Padukuhan Sumber Mulyo, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul tersebut merupakan hasil kolaborasi dan dukungan berbagai lembaga. Diantaranya; Perbankkan, masyarakat dan dinas Koperasi dan UMKM.

CEO GAT, Paul Sutopo Cokronegoro menandaskan, GAP merupakan milik warga Padukuhan Sumber Mulyo dan sekitarnya yang tertarik dan terlibat. Dijelaskan, bahwa salah satu kegiatan GAP adalah kegiatan tanaman hidroponik yang melibatkan warga Desa Kepek.

“Konsep pelaksanaan usaha dengan pola inti plasma. Dimana terdapat akses dana, akses pasar serta diawali dengan pelatihan. Penduduk yang tertarik bisa dilatih dan diberikan sertifikat serta akan diusahakan bantuan dari perbankan untuk membiayai kegiatan usaha pengembangan UMKM dan Koperasi,” papar Paul Sutopo di lokasi, Senin (3/12/2018).

Terdapat empat kegiatan GAT antara lain pendampingan, pendidikan dan latihan, layanan akses dana dengan bank yang telah menjadi mitra dari Gunungkidul Agro Technopark. “Akses pasar baik produk hidroponik ternak Sapi, dan Lele juga diupayakan” bebernya

Berikan dampak positif

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Gunungkidul, Widagdo, S.Sos., berharap, GAT yang sudah terwujud memberikan dampak positif bagi warga Desa Kepek, khususnya Dusun Sumbermulyo.

“Kegiatan ini agar dilanjutkan dengan baik. Mudah- mudahan imbasnya dapat meningkatkan pendapatan warga masyarakat Desa Kepek,” harap Widagdo.

Menurutnya, perlu dilakukan kolaborasi dengan Dinas Pendidikan agar para pelajar di Gunungkidul dapat mengenal tanaman Hidroponik. Inovasi penanaman sayur dan buah menggunakan media tanam air dan nutrisi.

Sementara itu, Dukuh Sumbermulyo, Doris mewakili warga mengucapkan terimakasih kepada pelopor dan penggerak kegiatan GAT sehingga memberi manfaat bagi masyarakat Dusun Sumbermulyo.

 

Add Comment