Kawasan Bebas Rokok Maliboro

Kawasan Malioboro Yogyakarta akan dijadikan kawasan bebas asap rokok oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, Minggu (2/12/2018). (Hanang Widiandhika)

MALIOBORO, Yogyakarta – Dimana-mana, ruang gerak perokok makin dibatasi. Banyak peraturan yang diterbitkan untuk membatasi kegiatan yang dianggap membahayakan kesehatan ini. Tak terkecuali Pemkot Yogyakarta. Saat ini Pemkot telah mempunyai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Perda ini mengatur kawasan yang harus bebas rokok, yaitu fasilitas pelayanan kesehatan, tempat pendidikan, tempat bermain anak, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, baik kantor pemerintah maupun swasta dan pribadi serta tempat umum lain yang ditetapkan.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, saat ini pihaknya meminta Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta untuk melakukan pendekatan ke dunia usaha seperti mall dan hotel agar menyediakan ruangan khusus merokok.

“Ke depan, juga akan diberlakukan di kawasan Malioboro. Akan ada tempat khusus merokok,” kata Heroe saat di temui di Balaikota Yogyakarta, Minggu (2/12/2018).

Keberadaan ruang khusus merokok di kawasan Malioboro, lanjunya, sangat diperlukan karena puntung rokok seringkali ditemukan di kawasan tersebut.

Kawasan bebas asap rokok

Sejak tahun 2010 Pemkot Yogya sudah meluncurkan program kawasan bebas asap rokok yang berbasis RW, sampai saat ini sudah ada 185 RW yang sudah mendeklarasikan diri sebagai RW Bebas Asap Rokok di Yogyakarta

Sebanyak 30 persen atau 185 dari 616 rukun warga (RW) di Kota Yogyakarta dinyatakan bebas asap rokok sejak program ini diluncurkan sejak 2010.

“Masih ada sekitar 70 persen RW yang diharapkan bisa melaksanakan gerakan RW Bebas Asap Rokok. Tujuan gerakan ini adalah semata-mata meningkatkan kesehatan warga, khususnya generasi muda,” kata Heroe

Sejumlah aturan yang jamak diterapkan di RW Bebas Asap Rokok di antaranya, larangan merokok pada saat pertemuan warga, larangan merokok di depan anak-anak dan ibu hamil, serta tidak menjual rokok untuk anak-anak.

Add Comment