KPU DIY Gencar Lakukan Sosialisasi

GONDOKUSUMAN, Yogyakarta – KPU DIY kembali sambangi kampus-kampus dalam kegiatan “KPU Goes To Campus” (KGTC), setelah beberapa waktu lalu KPU DIY mengunjungi UGM, UNY, ISI, UMY, dan UIN SUKA. Kali ini KGTC kembali diadakan KPU DIY di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Selasa (04/12/18). Hal ini dilatar belakangi karena semakin dekatnya Pemilu Serentak 2019, dan banyaknya jumlah Pemilih Pemula di DIY.

Pada  KGTC kali ini dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara KPU DIY dan UKDW yang dilakukan oleh Hamdan Kurniawan selaku Ketua KPU DIY dan Ir. Henry Feriadi selaku Rektor UKDW.

Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih di kalangan mahasiswa dan masyarakat, melindungi hak pilih mahasiswa terutama dari luar daerah, serta terlaksananya riset-riset, kajian,dan pengabdian masyarakat tentang Kepemiluan oleh Perguruan Tinggi.

Pada kesempatan tersebut Henry Feriadi mengatakanbahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan KGTC karena dapat meningkatkan wawasan kebangsaan serta menumbuhkan partisipasi mahasiswa dalam Pemilu 2019.

“Ini sesuai dengan concern yang sedang kami bangun yaitu meningkatkan wawasan kebangsaan kepada mahasiswa, khususnya mengenai demokrasi ,”ujarnya.

Ia berharap nantinya kerjasama antara UKDW dan KPU tidak hanya menjadi Sleeping MoU, namun dapat seterusnya saling bersinergi untuk mensukseskan Pemilu Serentak 2019.

Pemilih agar tidak apatis

Hal ini,juga di amini oleh Hamdan Kurniawan, dalam penyampaian materi KGTC ini, Hamdan menjelaskan melihat banyaknya jumlah mahasiswa yang berasal dariLuar DIY, yang saat ini berdomisili di DIY mendorong KPU untuk menyelenggarakan KGTC.

“Merupakan tugas KPU untuk mendidik pemilih dariberbagai lapisan masyarakat, khususnya mahasiswa yang nantinya ketika Pemilu tidak bisa pulang ke kampung halamannya, maka kita bisa atasi dengan adanya Form A5, yang dalam pelaksananyaharus kita sosialisasikan, agar tidak ada pemilih pemula yang kehilangan haksuaranya,” terang Hamdan.

Tak hanya itu, Hamdan berharap dengan adanya PendidikanPemilih Pemula mahasiswatidak apatis terhadap pemilu. Para mahasiswa ini diharapkan ikut berpartisipasi untuk menghasilkan pemimpin terbaik lima tahun kedepan.

Lita maulina, salah satu mahasiswi UKDW asal Sulawesi mengaku dengan adanya kegiatan KGTC  tersebut Ia mendapatkan informasitentang  bagaimana cara menggunakan hak pilih diJogja. “Karena saya berasaldari Sulawesi, yang tidak memungkinkan untuk mengikuti Pemilu di Sulawesi”ungkapnya.