KPU DIY Mantapkan Persiapan Pemilu

KPU DIY menyelenggarakan simulasi penerimaan dan distribusilogistik di TPS dalam pemilu 2019 yang bertempat di Hotel Grand Inna Malioboro, Selasa (11/12/2018). (Foto: Humas KPU DIY)

UMBULHARJO, Yogyakarta – KPU DIY menyelenggarakan simulasi penerimaan dan distribusilogistik di TPS dalam pemilu 2019 yang bertempat di Hotel Grand Inna Malioboro.

Kegiatan ini dihadiri oleh 300 peserta yang terdiri dari PPK seluruh DIY, Komisioner KPU Kabupaten/Kota se-DIY, dan jajaran Sekretariat KPU DIY serta Sekretariat KPU Kabupaten Kota se-DIY.

Padakesempatan tersebut Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, menekankan pentingnyamenjadi penyelenggara pemilu yang berintegritas. “Bertanggung jawab, danberkomitmen penuh dalam memerangi money politic dan segala kecurangan dalam pemilu” ujarnya dilokasi, Selasa (11/12/2018)

Diskusi panel

Selanjutnya kegiatan ini diisi dengan diskusi panel yang terdiri dari beberapa tema tentang logistik pemilu.

Materi diskusi yang disampaikan adalah “Antisipasi Pelanggaran Kode Etik dalam Distribusi Logistik”, “Mekanisme Teknis Pengadaan, Penerimaan dan distribusi Logistik pemilu 2019, “Pembuatan TPS yang Aksesibel”, dan “Pemungutan dan Penghitungan Suara dan Rekapitulasi Hasil Suara”.

Materi-materi tersebut dipaparkan secara panel oleh Komisioner KPU DIY M Zaenuri Ikhsan dan Wawan Budiyanto serta Sekretaris KPU DIY Retno Setijowati.

Selain diskusi panel diadakan juga simulasi pemungutan suara dan simulasi penghitungan suara di TPS yang dilakukan oleh 30 orang perwakilan PPK dari Kabupaten/Kota se DIY.

Dalam acara ini pula diberikan penghargaan PPK terbaik untuk kategori olah data pemilih, yang jatuh kepada PPK Kecamatan Wirobrajan.