Malioboro yang Semakin Nyaman


MALIOBORO, Yogyakarta – Kini kawasan Malioboro telah menjadi kawasan pedestarian yang nyaman dan ramah usai dilakukan revitalisasi. Para wisatawan akan dimanjakan dengan adanya berbagaifasilitas yang telah disediakan di sepanjang jalan Malioboro.    

 Sekarang Malioboro memang dirancang sebagai kawasan yang ramah untuk pejalan kaki. Kenyamanan tersebut tidak hanya di rasakan oleh orang normal saja, kini kaum disabilitaspun bisa merasakan kenyamanan tersbut karena sekarang Malioboro juga dilengkapi dengan jalur untuk penyandang disabilitas.

Di ruas jalan sebelah timur juga disediakan bangku – bangku yang bisa digunakan untuk sekedar duduk melepas lelah setelah lama berjalan ataupun untuk sekedar bersantai sembari menikmati hiasan gemerlapnya lampu di sepanjang Malioboro yang seakan menambah kesan romantis dan syahdu.

Kenyamanan ini bertambah karena sekarang di sepanjang jalan Malioboro tidak ada lagikendaraan parkir di bahu jalan karena adanya pemasangan beberapa Bollard Bulat Teraso yang diposisikan di sepanjang Malioboro.

Keberadaan Bollard, baik yang berbentuk bulat maupun tabung ini memiliki fungsi yang samayakni menghalau kendaraan atau perabotan bergerak untuk naik bahkan masuk diarea pedestrian tersebut.

 Jadi bagi pengendara yang akan mengunjungi Kawasan Malioboro harus memarkirkankendaraannya di taman parkir AbuBakar Ali (ABA) yang berada di sebelah utarakawasan Malioboro. Taman parkir yang telah disediakan ini memiliki lahan yangluas yang mampu menampung ribuan kendaraan.

Air siap minum

Untuk masalah kebersihan, di kawasan Malioboro telah disediakan tempat sampah dibanyak titik. Dan yang tak kalah menarik, pedestrian ini juga dilengkapi airsiap minum yang disediakan oleh PDAM.

 KawasanMalioboro memang menawarkan suasana yang khas karena di sepanjang JalanMalioboro kita dapat melihat bangunan berarsitektur lawas disamping toko-toko dan mall.

Kita juga bisa menikmati instalasi-instalasi seni yang memperindah jalan. Ketika sore hari tiba lampu kota akan mulai menyala, dan akan menambah hangat suasana.

Kenyamanan ini di ungkapkan oleh Kurniawan Fajar, Pria asal Cilacap yang kini sedangberkuliah di Yogya tersebut mengatakan sejak ada bangku-bangkutersebut,dirinya sering mengunjungi Malioboro hanya untuk sekedar nongkrong danmengobrol bersama teman-temannya.

“Saya sering menghabiskan waktu duduk-duduk mengobrol bersama teman sekos di sana. Ya, sekedar ngobrol ringan sampai berbincang serius sembari mencamil makanan ringan yang dibeli dari pedagang. Kadang bisa sampai pagi buta di sana” katapria 20 tahun tersebut.

Agar pedestrian ini bisa terus dinikmati sebagian besar warga yang berkunjung di Malioboro tentu saja semua pihak harusikut berpartisipasi menjaga kebersihan. Agar kawasan pedestrian Malioboro tetapbersih dan rapi.