Kerja Sama UAJY-Martha Tilaar Group, Maksimalkan Kreativitas Generasi Milenial


Penandatanganan MoU dilakukan antara Bryan D.E. Tilaar (Kiri) selaku Direktur Utama PT Martina Berto, Tbk dengan Dr. Gregorius Sri Nurhartanto (Kanan), selaku Rektor UAJY. (http://www.uajy.ac.id)

Depok, Sleman – Potensi generasi milenial memang perlu di kembangkan untuk memaksimalkan minat dan bakatnya, dalam hal ini Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) melakukan penandatanganan MoU dengan Martha Tilaar Group (MTG), Jumat (8/2/2019) di Ruang Diskusi Kampus II Gedung Thomas Aquinas UAJY.

Penandatanganan tersebut dilakukan antara Bryan D.E. Tilaar selaku Direktur Utama PT Martina Berto, Tbk dengan Dr. Gregorius Sri Nurhartanto, selaku Rektor UAJY.

Penandatanganan ini berkaitan dengan program Martha Tilaar Group Goes to Campus yang bertajuk “Generasi Berkreasi”. Program ini dilatarbelakangi oleh potensi generasi milenial yang sangat dinamis dan memiliki nilai kreativitas yang tinggi.

Semangat berinovasi membuat generasi milenial ini menjadi harapan bangsa untuk menggeliatkan dunia entrepreneurship di Indonesia. Program yang menyasar generasi milenial ini selaras dengan tujuan dari MTG yang berkomitmen untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Program yang kami laksanakan ini, semata–mata merupakan wujud nyata dari komitmen MTG dalam berkontribusi untuk memajukan bangsa,” ungkap Bryan dalam sambutannya.

Penandatanganan MoU kemudian dilanjutkan dengan penjelasan  mengenai program Martha Tilaar Group Goes to Campus oleh Palupi Candrarini, selaku Head of Corporate Communication Martha Tilaar Group.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi gen talk, beauty class, beauty ploration zone dan competition.

”Seperti mimpi dan cita–cita Ibu Martha, program–program ini diharapkan bisa melahirkan Martha–Martha muda yang berprestasi,” tutur Palupi.

Kerjasama ini akan berlangsung selama lima tahun, adapun kerja sama yang dibangun tidak hanya sebatas penyelenggaraan acara Generasi Berkreasi, namun juga melingkupi kerja sama dalam bidang research yang melibatkan lintas prodi serta lintas bidang di UAJY.

Acara tersebut juga dihadiri oleh pihak MTG yaitu; Palupi Candrarini (Head of Corporate Communication Martha Tilaar Group), Yuddy Dermawan (Corporate Event Manager Martha Tilaar Group), Bp. Eko Sudjarmono (Branch Manager PT. SAI lndonesia Cabang Yogyakarta) dan perwakilan karyawan MTG dari Cabang Yogyakarta.

Dari pihak UAJY dihadiri; Wakil Rektor I, Wakil Rektor III, Kepala Kantor Kerjasama dan Promosi (KKP), Kepala Kantor Humas, Sekretariat dan Protokol, segenap Dekan dan Wakil Dekan III dari berbagai fakultas.

Generasi Milenial

Istilah generasi millennial memang sedang akrab terdengar. Istilah tersebut berasal dari millennials yang diciptakan oleh dua pakar sejarah dan penulis Amerika, William Strauss dan Neil Howe dalam beberapa bukunya.

Millennial generation atau generasi Y juga akrab disebut generation me atau echo boomers. Secara harfiah memang tidak ada demografi khusus dalam menentukan kelompok generasi yang satu ini. Namun, para pakar menggolongkannya berdasarkan tahun awal dan akhir. Penggolongan generasi Y terbentuk bagi mereka yang lahir pada 1980 – 1990, atau pada awal 2000, dan seterusnya.

Awal 2016 Ericsson mengeluarkan 10 Tren Consumer Lab untuk memprediksi beragam keinginan konsumen. Laporan Ericsson lahir berdasarkan wawancara kepada 4.000 responden yang tersebar di 24 negara dunia. Dari 10 tren tersebut beberapa di antaranya, adalah adanya perhatian khusus terhadap  perilaku generasi millennial.

Dalam laporan tersebut Ericsson mencatat, produk teknologi akan mengikuti gaya hidup masyarakat millennial. Sebab, pergeseran perilaku turut berubah beriringan dengan teknologi.

Teknologi juga membuat para generasi yang akrab dengan internet ini mengandalkan media sosial sebagai tempat mendapatkan informasi. Saat ini, media sosial telah menjadi platform pelaporan dan sumber berita utama bagi masyarakat. (Aziz Abdillah)

Add Comment