Kerja Sama AAU-UII, Pererat Bidang Ilmu Pendidikan dan Iptek

Penandatanganan Kerja sama dilakukan Wakil Gubernur AAU, Fachri Adamy dan Rektor UII Fathul Wahid di ruangan VIP AAU. (Jogjadaily.com/ Aziz Abdillah)

Berbah, Sleman – Akademi Angkatan Udara (AAU) bekerjasama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) terkait dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penndatanganan MoU ini, AAU diwakili oleh Wakil Gubernur AAU Fachri Adamy, sementara dari UII di wakili Rektor UII, Fathul Wahid, bertempat di ruangan VIP AAU, Selasa (19/2/2019).

Tujuan dari penandatanganan MoU ini, untuk menyediakan payung hukum dalam peningkatan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pengabdian masyarakat di lingkungan lembaga pendidikan melalui kegiatan-kegiatan ilmiah yang sudah di setujui dari masing-masing pihak.

Berkaitan dengan Kerjasama ini Gubernur AAU Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah memberikan sambutan yang di bacakan wakil Gubernur AAU Marsekal Pertama TNI Fachri Adamy. Ia menyampaikan, Salah satu upaya menjawab tantangan untuk meningkatkan mutu pendidikan di antaranya adalah dengan penandatanganan perjanjian kerjasama seperti ini.

Bagi Tatang, adanya kerja sama ini merupakan awal yang baik untuk meningkatan mutu pendidikan. Harapanya kerjasama ini bisa memberikan manfaat besar dan nilai tambah bagi Akademi Angkatan Udara maupun Universitas Islam Indonesia, untuk sekarang ataupun masa yang akan datang.

“Secara pribadi saya menyambut baik kerjasama ini, karena saya berkeyakinan bahwa dengan adanya kerja sama seperti ini, merupakan awal yang baik bagi kedua lembaga yang akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan.”kata Tatang Harlyansyah, yang dibacakan Wakil Gubernur AAU.

Kerjasama ini merupakan penerapan untuk mengedepankan pertukaran pengetahuan yang memlikiki aspek tanggap.

“Melalui penandatanganan kerjasama ini, diharapkan AAU dan UII tidk hanya sebatas pada penggunaan fasilitas pendidikan dan riset semata, namun terbuka peluang bagi tenaga pendidik AAU maupun UII untuk meningkatkan kemampuan ke jenjang lebih tinggi”, harap Tataang Harlyansyah.

Dunia pendidikan sejatinya akan ada perkembangan didalamnya, seiring dengan perkembangan jaman yang semua aspek didalamnya ikut mengalam perubahan.

Wakil Gubernur AAU Fachri Adamy menambahkan ketika ditemui setelah penandatanganan MoU. Harapan kedepanya segala aspek yang ada di dalam lingkunagan AAU maupun UII bisa menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

“Dimana perjanjian ini bertujuan adalah untuk semakin meningkatkan kualitas peserta didik, tidak hanya kepada materi pendidikannya sendiri, tetapi juga termasuk fasilitas dalam kerja sama. Demikian juga tenaga pengajar, dengan harapan kualitas pendidik yang dihasilkan yang ada di AAU maupun UII ini, bisa menjadi lebih baik seperti yang kita harapkan”, Kata Fachri.

Dalam kerjasama ini selanjutnya akan dimulai dengan memilih program-progam yang bisa di kolaborasikan antara AAU dan UII, sehingga bisa membuahkan hasil yang maksimal.

“Jadi nanti kerjasama ini, akan ditindak lanjuti dengan pemilihan program-program yang memiliki kesesuaian, misalnya seperti di AAU ada bidang teknik manajemen industri, nanti di UII ada teknik menejemen industri, nah nanti itu yang nanti kita saling bertukar, untuk saling meng-upgred masing-masing kemampuan dari fasilitas pengajaran maupun tenaga pengajarnya”, ungkap Wakil Gubernur AAU Fachri Adamy.

Ditemui seusai penandatanganan MoU, Rektor UII, Fathul Wahid menyampaikan bahwa kerja sama ini bisa membuka pintu kebaikan untuk kedepanya.

“UII merasa terhormat diajak kerjasama oleh AAU, dan ini membuka banyak pintu kebaikan, mulai dari peningkatan kerja sama penelitian, peningkatkan kulaitas pendidiakan, akses kepada fasilitas dan  lain-lain”, ungkap Pak Rektor

Dengan adanya kesinambungan Prodi dari UII maupun AAU, kedepanya bisa bekerja sama antar prodi yang memang memiliki kesamaan dalam pedidikannya.

“Target dari kami adalah, kami (UII) didirikan oleh para pendiri untuk bermanfaat sehingga dengan kerja sama ini, mudah-mudahan, pintu manfaatnya akan terbuka. Kita punya prodi Teknik elketro, teknik industri, dan nampaknya calon-calon prodi ini yang nanti bisa bekerjasama dengan lebih erat”, kata Fathul Wahid.

Ia menambahkan, Kerja sama itu menjadi salah satu komponen penilaian, dan itu menjadi lebih tinggi lagi nilainya ketika kerja sama itu berbuah. Jadi, tidak hanya berhenti pada penendatanganan MoU, tapi juga berbuah dalam kegiatan bersama.

“Bahkan nanti kedepanya saya bayangkan juga, mahasiswa kamipun bisa di didik disini, terkait dengan bela negara, dan yang lain-lain”, tutur Rektor UII.