Jalin Kerjasama, Forum Anak Gunungkidul Adakan Road Show

ROAD SHOW FAGK : Forum Anak Kabupaten Gunungkidul (FAGK) periode 2018-2021 mengadakan road show (2-3/03/2019). Road Show ini dilakukan bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gunungkidul. (Foto : http://pemberdayaan.gunungkidulkab.go.id)

Playen, Gunungkidul- Forum Anak Kabupaten Gunungkidul (FAGK) periode 2018-2021 mengadakan road show (2-3/03/2019). Road Show ini dilakukan bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gunungkidul.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, Dra.Rumi Hayati, Kepala Seksi Pemberdayaan Perempuan Srimulatwidingsih dan Kepala Seksi Perlindungan Anak Tomy Darlinanto.

Rumi Hayati menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk saling mengenal antara Forum Anak Kabupaten dengan Forum Anak Desa. Selain itu juga menjalin kerjasama dan juga mensosilaisasikan tentang program Forum Anak Gunungkidul.

Beberapa Forum Anak yang dikunjungi adalah Forum Anak Desa Banaran Playen, Forum Anak Desa Ngalang Gedangsari, Forum Anak Desa Karangwuni Rongkop, Forum Anak Desa Ngestirejo dan Kemadang Tanjungsari, Forum Anak Desa Kepek dan Jetis Saptosari.

Road Show kali ini diisi dengan beberapa kegiatan. Misalnya permainan anak tradisional, fun game serta mengadakan sosialisasi program FAGK diantaranya akan mengadakan jambore FAGK. Kegiatan ini juga didampingi oleh DP3AKBPMD  (Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) dan acara sepenuhnya dilakukan oleh FAGK.

Hak Dasar Anak

Kepala Dinas DP3AKBPMD Kabupaten Gunungkidul, Sujoko mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap kegiatan ini bisa menginspirasi forum anak desa dan forum anak kecamatan agar selalu menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak, umumnya dikabupaten Gunungkidul.

Lebih lanjut Sujoko menambahkan bahwa dalam  melindungi kaum  perempuan dan anak, khususnya anak di berbagai usia, dibutuhkan kontribusi dari banyak pihak termasuk lapisan masyarakat luas.

Menurut Sujoko, hak-hak dan perlindungan terhadap anak perlu diperhatikan. Anak-anak memiliki hak dasar yang haris diberikan. Hak dasar anak yaitu untuk hidup, untuk tumbuh kembang, untuk dapat perlindungan dan untuk bisa berpartisipasi.

Dengan adanya forum anak, maka haknya sudah bisa terpenuhi suara anak harus bisa didengar dan sampai pemerintah agar semakin memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, forum anak dirasa mampu mempermudah kebutuhan anak-anak di Gunungkidul.

Forum ini juga diharapkan mampu menampung aspirasi anak-anak. Suara dari anak-anak bisa semakin didengar oleh pemerintah karena disalurkan melalui satu tempat yang resmi. Sujoko mengharapkan agar FAGK terus memacu prestasi baik akademik dan non akademik serta menjauhi narkoba. (Tri M)