Sosialisasi Program Loyalty Bagi Peserta Taspen

Sesi sosialisasi program loyalty oleh PT. Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) bersama Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kulon Progo Selasa, (19/2/2019). (Foto: kulonprogokab.go.id)

Wates, Kulon Progo- PT. Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) bersama Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kulon Progo melakukan sosialisasi program loyalty, Selasa, (19/2/2019). Sosialisasi ini dilakukan khusus untuk peserta Taspen. Berlangsung di Gedung Adikarto, komplek Pemda Kabupaten Kulon Progo.

Turut hadir dalam sosialisasi ini Kepala Bidang Data BKPP Kulon Progo Armawati, Kepala Sub Bidang Kesejahteraan, R.Sukirno, serta Kepala Seksi Kepesertaan PT Taspen (Persero),  Hasni Tarodji dan perwakilan BPD DIY cabang Wates.

Dalam sambutannya Armawati mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun. Sasaran dari sosialisasi program Taspen adalah seluruh OPD. Tujuan dari sosialisasi ini supaya OPD mengetahui dengan menyeluruh program-program dari Taspen.

“Jadi jangan tahu Taspen pas mau pensiun saja, tetapi mengetahui program lain dari Taspen, salah satunya program terbaru loyalty dengan berbagai kemudahan,” kata Armawati.

Sementara itu Kepala Seksi Kepesertaan PT.Taspen (Persero), Hasni Tarodji menjelaskan sosialisasi program Taspen adalah untuk menyampaikan hak dan kewajiban para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mungkin selama ini belum di jangkau oleh ASN yang lain. Program Taspen untuk seluruh DIY kita sosialisasi sampai tingkat ke bawah.

“Loyalty merupakan program terbaru yang baru dijalankan dan Taspen bekerja sama dengan BUMN yang lain yakni PT. Telkom dan PT. Garuda yang baru dilaunching Maret 2019,” jelasnya.

Program loyalty tersebut salah satunya adalah kerja sama PT. Taspen dengan PT. Telkom. peserta Taspen akan mendapatkan potongan sebesar 30% setiap bulan atas tagihan pemakaian Indihome, sedangkan dari PT. Garuda memberikan potongan harga untuk paket haji khusus, paket umroh atau paket tour inbound dan outbound.  

Sosialisasi tersebut juga membahas tentang program Taspen diantaranya tabungan hari tua, pensiun, JKK (Jaminan kecelakaan kerja), dan JKM (Jaminan Kematian). Kedepanya kartu Taspen (smart card) dapat digunakan seperti kartu ATM atau kartu diskon yang lain untuk transaksi. 

Peran PT Taspen

Pemerintah memberikan tugas penyelenggaraan dan pengelolaan program dana pensiun kepada PT. Taspen (Persero). Perushaan ini kemudian diberi tanggung jawab yang lebih besar oleh pemerintah melalui pelimpahan program pensiun. Sebelumnya, urusan mengenai hal ini dikelola oleh Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN). Pelayanan di PT. Taspen (Persero) adalah pelayanan pembayaran pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pegawai Negeri Sipil (PNS) dapat dibayarkan secara tunai di Kantor Cabang Utama (KCU) atau Kantor Cabang (KC) Taspen, atau dapat juga dibayarkan melalui Kantor Pos dan Bank yang bekerjasama dengan PT. Taspen (Persero).

Sebagai perwujudan rasa tanggung jawab atas tugas yang dibebankan, PT. Taspen (Persero) memberikan pelayanan pembayaran secara prima kepada para peserta aktif dan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan moto layanan 5 (lima) T atau 5 (lima) Tepat yaitu tepat orang, tepat waktu, tepat jumlah, tepat tempat, dan tepat administrasi dan senantiasa berusaha meningkatkan kualitas pelayanannya.

Sesuai keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, prosedur atau tata cara pelayanan pembayaran kepada masyarakat harus mengandung sendi-sendi kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keamanan dan kenyamanan, keterbukaan, efisiensi, ekonomis, keadilan yang merata serta ketepatan waktu. (Tri M)