Wujudkan Sleman Smart Regency Melalui Aplikasi ‘Satu Data’ dan ‘Cari Aku’

PELUNCURAN APLIKASI : Dinas Perindustian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman Yogyakarta meluncurkan aplikasi yang memudahkan masyarakat (27/2/2019). Berlangsung di Aula Komplek Setda Sleman, peluncuran aplikasi ini bertujuan untuk mewujudkan visi misi Bupati Sleman. Yakni mewujudkan Sleman Smart regency pada tahun 2021. (Foto : slemankab.go.id)

Sleman- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman Yogyakarta meluncurkan aplikasi yang memudahkan masyarakat (27/02/2019). Berlangsung di Aula Komplek Setda Sleman, peluncuran aplikasi ini bertujuan untuk mewujudkan visi misi Bupati Sleman. Yakni mewujudkan Sleman Smart Regency pada tahun 2021.

Beberapa aplikasi yang telah diluncurkan diantaranya ialah Satu data dan Cari Aku. Peluncuran kedua aplikasi ini dipaparkan langsung oleh Kepala Dinas Perindusrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman Tri Endah Yitnani kepada seluruh pimpinan OPD.

Melalui aplikasi satu data tersebut masyarakat dapat mengaksases informasi UMKM yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sleman. UMKM yang nantinya bisa diakses terdiri dari berbagai kategori mulai dari masing – masing bidang hingga tahun terbentuknya UMKM tersebut. Serta melalui informasi tersebut Disperindag Kaupaten Sleman dapat memantau perkembangan UMKM yang ada.

“Misal wisatawan ingin membeli kain batik dan oleh-oleh khas Sleman di sekitaran Bandara, maka akan muncul beberapa UMKM yang dekat dengan lokasi di map,” katanya.

Menurutnya lagi,  aplikasi ini bisa diakses dari Smart Phone masing-masing. Aplikasi ini juga dipriorotaskan bagi wisatawan yang ingin memperoleh informasi UMKM. Adapun kategori UMKM yang dapat terdapat dalam pencarian aplikasi tersebut yakni, makanan, fashion, kerajinan, dan furnitur.

Sementara itu Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun yang memimpin Rakorpim (Rapat Koordinasi Pimpinan) pada kesempatan tersebut mengapresiasi atas paparan dan terobosan yang telah dilakukan oleh Disperindag untuk  mewujudkan Smart Regency pada tahun 2021.

Lanjutnya, melalui aplikasi tersebut diharapkan mampu mempermudah masyarat dan masyarakat dapat merasakan efek dari inovasi tersebut.

“Kita memiliki aplikasi yang sangat berguna, saya harap aplikasi ini terus dikaji dan diterapkan di seluruh OPD, harapannya tentu untuk memberikan pelayanan yang yang efisien dan efektif untuk masyarakat, serta untuk para OPD dapat mempermudah dalam hal ketugasan,” katanya.

Wujudkan Sleman Smart Regency

Sleman Smart Regency ialah konsep kabupaten cerdas dalam pengembangan dan pengelolaan berbagai sumber daya. Baik sumber daya alam maupun  sumber daya manusia. Pengelolaan secara efektif  dan efisien dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga, masyarakat mampu berdaulat secara ekonomi dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada.

Tahun 2016, pada acara  Focus Group Discussion (FGD) Laporan Akhir Penyusunan Rencana Induk dan Blue Print E-Government Kabupaten Sleman, Bupati Sleman Sri Purnomo telah menjelaskan bahwa Sleman Smart Regency dirancang untuk memaksimalkan pelayanan publik. Keberadaanya juga diharapkan mampu mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Menurut Sri Purnomo, penyusunan cetak biru e-government adalah salah satu inisiasi dalam menyusun landasan berpikir bagi pengembangan aplikasi pemerintahan daring yang komprehensif, efektif dan efisien.

“Dari pengembangan konsep ini, masyarakat akan mengetahui langkah-langkah yang bakal langsung dilaksanakan pada awal 2017 dan seterusnya sebagai implementasi agenda Pemkab Sleman,” tutur dia.

Implementasi aplikasi teknologi informasi dan komunikasi yang masih dijalankan secara otonom di masing-masing unit kerja, perlu disinergikan sehingga memudahkan untuk evaluasi. Untuk itu dibutuhkan integrasi antar-sistem IT yang ada di pemerintahan sehingga dapat digunakan dan disesuaikan dengan sistem dan data yang ada.

“Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan komitmen semua pihak dan melepaskan ego sektoral,” katanya.

Keberadaan aplikasi ‘Satu Data’ dan ‘Cari Aku’ untuk mempermudah wisatawan mengakses informasi UMKM menjadi salah satu bagian dari usaha Pemerintah Kabutapen Sleman untuk mewujudkan Sleman Smart Regency. (Tri M)