390 Komite Sekolah Ikuti Sosialisasi Jelang UN

Acara sosialisasi dengan tema: Peran Serta Orang Tua Dalam Mensukseskan Ujian Jenjang SD/MI dan SMP/MTs yang berlangsung di Aula Pemda II Komplek Pemda Bantul. (Foto: bantulkab.go.id)

Bantul- Dewan Pendidikan Kabupaten Bantul mengadakan kegiatan sosialisasi menjelang Ujian Nasional (UN), Rabu (10/04/2019). Mengambil tema, Peran Serta Orang Tua dalam Mensukseskan Ujian Jenjang SD/MI dan SMP/MTs, sosialisasi kali ini berlangsung di Aula Pemda II Komplek Pemda Bantul. Hadir pula dalam acara ini Bupati Bantul, Suharsono.

Menurut Isdarmoko, dalam laporannya, kegiatan ini dihadiri dari komite sekolah SD/MI 390 peserta. Kemudian, komite sekolah SMP/MTs 116 peserta serta pengurus komite Dewan Pendidikan Kabupaten Bantul 15 peserta dan juga Kepala Bidang sehingga totalnya 521 peserta.

“Silahkan nanti memberikan masukan-masukan kepada kepala sekolah dan juga bapak/ibu guru yang ada di sekolah, kira-kira apa yang perlu ditingkatkan yang perlu ditambahkan, sehingga nanti hasil ujian nasional bisa berhasil lebih meningkat lagi,” ujar Isdarmoko.

Sementara dalam kata sambutanya, Suharsono, selaku Bupati Bantul menyampaikan bahwa, upaya komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan perlu mendapat dukungan dari seluruh komponen pendidikan, baik guru, kepala sekolah, siswa, orang tua/wali murid, masyarakat, dan institusi pendidikan. Karena itu perlu adanya kerjasama dan koordinasi yang erat antara komponen pendidikan tersebut sehingga upaya peningkatan mutu pendidikan yang dilaksanakan dapat efektif dan efisien.

Bupati meminta kepada komite sekolah agar terus dapat bekerja semaksimal mungkin dan berperan aktif menunjang pendidikan di Kabupaten Bantul dan juga komite sekolah harus dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di Sekolah.

“Dari kegiatan ini akan dapat meningkatkan pengetahuan dan keberadaan komite sekolah sehingga komite sekolah dapat menjalankan peranannya di lapangan sesuai dengan tugas dan fungsinya,” katanya.

Menghadapi Ujian Nasional

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY meminta para pelajar SMP untuk mempersiapkan ujian nasional berbasis komputer. Dikpora dalam hal ini optimistis pelaksanaan UNBK SMP tanggal 22 April mendatang bisa berjalan lancar. 

“Sudah ada latihan bersama dan kami harapkan bisa berjalan lancar sesuai harapan,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan dan Standarisasi Disdikpora DIY, Didik Wardaya, Selasa (09/04/2019).

Didik meminta para pelajar untuk mempersiapkan UNBK dengan sebaik-baiknya. Karena, hasil nilai UNBK SMP masih menjadi pertimbangan untuk masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya. 

“Siswa juga harus percaya diri selama mengerjakan soal ujian,” jelasnya. 

Adapun selama UNBK ada sejumlah SMP yang menumpang atau menggunakan fasilitas komputer di SMA/SMK terdekat. Menurut Didik, pihak SMA/SMK yang berketempatan pun turut bertanggung jawab untuk kelancaran ujian. 

Saat ini, pihaknya pun mulai berpikiran untuk memperkenalkan sistem UNBK ke SD. Sosialisasi dan perkenalan ini masih dirancang sehingga siswa SD bisa menggunakan komputer untuk mengerjakan ujian.