Bendahara OPD dan Desa Dapat Penghargaan dari KPP Pratama Bantul

Acara Penganugerahan Bendahara Terbaik yang digelar di Pendhopo Manggala Parasamya Bantul.Ketua KPP Pratama Bantul, Budi Wiyanto mengatakan, apresiasi yang diberikan untuk bendahara OPD dan desa yang telah membayarkan pajak dengan tertib waktu dan jumlah. (Foto: bantulkab.go.id)

Bantul- Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bantul memberi penghargaan bagi Bendahara OPD dan Desa. Ketua Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bantul, Budi Wiyanto, menyatakan bahwa pada tahun 2018, Bendahara OPD dan Desa telah membayarkan pajak sebesar Rp. 59.000.000.000,- dari total belanja sebesar 2,68 % yang dikelola OPD selama ini.

Maka dari itu, Bendahara OPD dan Desa berhak mendapat penghargaan sebagai bagian dari apresiasi KPP Pratama Bantul. Anugerah ini kemudian diberikan di acara Penganugerahan Bendahara Terbaik yang digelar di Pendhopo Manggala Parasamya Bantul. Selasa (23/04/2019).

Lebih lanjut, Budi Wiyanto mengatakan, mengapresiasi bendahara OPD dan desa yang telah membayarkan pajak dengan tertib waktu dan jumlah. Dia mengharapkan penerimaan dari pajak OPD ini setiap tahunnya meningkat, hal ini tentunya terkait dengan besarnya APBD dan serapan masing-masing OPD.

“Sekali lagi saya apresiasi bapak ibu bendahara OPD dan Desa yang telah bekerja dengan tulus iklas dan cerdas,” katanya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat, Hermawan Setiaji, pada kesempatan itu mengajak segenap bendahara OPD dan Desa untuk lebih meningkatkan dan menjaga kinerjanya. Sehingga, pembayaran pajak dapat tepat waktu dan jumlah, sehingga berbagai Penghargaan Tingkat Nasional di bidang pengelolaan keuangan dapat kita pertahankan.

Kenaikan APBD Tahun 2019

Terlihat hadir dalam di acara tersebut, Bupati Bantul, Suharsono. Menurutnya, Pemkab Bantul mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas layanan pajak yang baik kepada KPP Pratama Bantul. Kegiatan pagi ini merupakan bukti dan apresiasi kepada jajaran Pemkab. Bantul atas ketaatan membayar pajak.

“Terkait kenaikan APBD 2019 sebesar 8% atau sebesar 2,38 trilyun rupiah, tentunya sebanding dengan kenaikan jumlah pajak yang dipungut. Berdasarkan data dari Kantor Pelayanan Pajak Bantul, dari pencapain 824 milyar selama tahun 2018, sekitar 7,19% atau kurang lebih 59 milyar merupakan kontribusi bendahara OPD dan Desa. Dari data tersebut menunjukkan bapak atau ibu Bendahara OPD dan Desa mempunyai peran yang sangat penting dan strategis,” tutur.

Acara penghargaan kali ini juga dihadiri oleh Perwakilan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak DIY, Kepala KPP Pratama Bantul, Kepala Kejaksaan Negeri Bantul, Inspektorat Bantul, Kepala BKAD Bantul, Bendahara OPD dan Desa se-Kabupaten Bantul dan sejumlah awak media massa.

Adapun Penghargaan Bendahara OPD dan Desa Terbaik sebagai berikut: Kategori Bendahara SKPD Terpatuh disabet oleh Bendahara RSUD Panembahan Senopati, BKAD, dan BKPP. Kategori Bendahara Desa Terpatuh disabet oleh Bendahara Desa Argosari, Desa Argomulyo dan Desa Kebonagung.

Kategori Bendahara Pendukung Data Terbaik disabet oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu. Kategori Bendahara Sinergi Terbaik diraih oleh Bendahara Inspektorat Bantul

Kategori Bendahara Teraktif diraih oleh Bendahara Desa Sitimulyo. Kategori Bendahara Terkomplek diraih oleh Bendahara Dinas Kesehatan Bantul

Kategori Bendahara OPD/Desa Performa Terbaik (Pembayaran (Billing Terbentuk) diraih Bendahara Desa Bangunjiwo, Sidomulyo dan Wukirsari. Kategori Bendahara SKPD Performa Terbaik Pembayaran diraih oleh Bendahara OPD, BKAD, Dinas Pemuda dan Olahraga dan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman.